Welcome to Enersi.com

Tuesday, October 18, 2011

Download file Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI

Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI merupakan program PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersama Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) membagikan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur. Yakni, Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Program yang diberi nama Program Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI ini menyalurkan beasiswa kepada 40 mahasiswa. Beasiswa itu meliputi biaya pendidikan dan bantuan biaya nonpendidikan, berupa biaya hidup, biaya transportasi, asuransi kesehatan, dan bantuan pengadaan laptop dari Bank BRI. Total bantuan beasiswa dari Bank BRI ini bernilai sekitar Rp 8 miliar. Keempat puluh remaja yang mendapat beasiswa merupakan siswa yang sudah lolos SNMPTN dan seleksi penerimaan untuk beasiswa.


Download file Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI

File Beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI : Download
Form Pendaftaran : Download

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bersama Bank BRI menandatangani kerjasama mengenai program beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI di Jakarta, Selasa (31/5/2010).

Penandatanganan dilakukan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhamad Nuh dan Direktur Utama Bank BRI Sofyan Basyir.
Program beasiswa ini bertujuan memberikan beasiswa kepada mahasiswa daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur.

Menurut Sofyan Basyir pada tahun 2011 terdapat alokasi anggaran sebanyak 40 mahasiswa dan mahasiswi. Adapun bentuk kerjasama dimaksud adalah adanya alokasi anggaran dari Kemdiknas kepada para mahasiswa berupa biaya pendidikan dan bantuan biaya non pendidikan berupa biaya hidup, biaya transportasi, asuransi pendidikan, dan bantuan pengadaan laptop dari Bank BRI.

Calon penerima beasiswa merupakan penduduk asli yang berdomisili di Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, dan NTT serta sudah lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dari beberapa kandidat penerima beasiswa, peserta yang telah lulus tes seleksi harus mau menjalani masa pendidikan di perguruan tinggi di pulau Jawa.

Adapun perguruan tinggi dimaksud adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Institut Sepuluh November, Institut Tekhnologi Bandung, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Sebelas Maret.

Mengenai bidang ilmu yang ditawarkan yakni sesuai dengan minat dan bakat masing-masing penerima beasiswa.
Kerjasama antara Kemdiknas dengan Bank BRI ini merupakan konsolidasi kesamaan tujuan dan komitmen untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa.

Proses penerimaan calon penerima beasiswa, proses seleksi, dan proses pemberian beasiswa akan dilakukan bersama, transparan, dan dengan akuntabilitas kinerja yang baik.

Gagasan program ini muncul dari pengalaman BRI mengunjungi daerah-daerah terpencil. Banyak putra-putri daerah terpencil tersebut kalah bersaing dengan anak Indonesia dari daerah lainnya. Oleh karena itu, melalui program beasiswa Nusantara Cerdas, BRI mencoba memajukan kualitas pendidikan mereka.

Dengan proses seleksi bersama ini diharapkan sistem pemberian beasiswa bisa lebih terkontrol dan terlaksana secara profesional.
Menurut Mendiknas saat ini baru sekitar 24 persen pemuda dan pemudi mengenyam pendidikan di perguruan tinggi untuk usia 19-23 tahun.

Artinya 76 persen yang belum kesempatan masuk perguruan tinggi. Setelah dipelajari mereka tidak masuk ke perguruan tinggi karena tidak terjangkau dari sisi biaya (Mendiknas).


Read More......

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemdiknas 2011

Tiada istilah terlambat untuk mendapatkan beasiswa seunggul Beasiswa Kemendiknas / Kemndikbud. Jangan khawatir Pendaftaran Beasiswa Unggulan masih dibuka bagi Anda yang berminat Beasiswa Unggulan Kemdiknas 2011. Yang terpenting bagi Anda jangan sampai tertinggal, dan jangan lupa memahami apa itu Dokumentasi Mobile, Anda juga harus mendapatkan Formulir BU 2011, Miliki juga Buku Panduan Beasiswa Unggulan Tahun 2011, Memahami BU dari Leaflet Beasiswa Unggulan, dan Kelengkapan Fotokopi Ijazah dan Transkrip. Insya Allah semuanya yang Anda butuhkan bisa Anda peroleh melalui situs enersi.com ini. Semoga Anda sukses meraih program Beasiswa Unggulan Kemdiknas 2011.

Download File Penting Beasiswa Unggulan Kemdiknas 2011

Dokumentasi Mobile : Download
Formulir BU 2011 : Download
Buku Panduan Beasiswa Unggulan Tahun 2011 : Download
Leaflet Beasiswa Unggulan 2011 : Download
Kelengkapan Fotokopi Ijazah dan Transkrip : Download

Kemdiknas menetapkan Pendaftaran Beasiswa Unggulan dibuka mulai tanggal 1 Januari 2011 s.d. 31 Desember 2011. Peluang mendapatkan beasiswa untuk studi semakin terbuka buat siapa saja. Beasiswa Unggulan Kemdiknas 2011 diberikan tidak melulu pada dosen atau calon dosen, namun bisa pula masyarakat umum asalkan mereka memiliki keunggulan. Kalau dosen atau calon dosen mendapat beasiswa wajar, sebab mereka memang dianggarkan dananya.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Sekjen Kementerian Pendidikan Nasional RI itu menerangkan bahwa program beasiswa unggulan tingkat sarjana, magister, dan doktor terus mengalami peningkatan.

Bila di tahun 2009 jumlah beasiswa unggulan masih terbatas, maka di tahun 2010 jumlah tersebut mengalami banyak peningkatan, baik dari sisi jumlah maupun sebaran perguruan tinggi. "Jadi tidak mengherankan banyak PTS merasakan beasiswa ini," katanya.

Dalam workshop yang digelar Fakultas Teknik UGM bekerja sama dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Sekjen Kemendiknas itu, Musa Yosep lebih detail mengungkapkan alokasi anggaran beasiswa unggulan pada tahun 2011 sebesar 127 miliar rupiah.

Jumlah itupun bertambah menjadi 160 miliar rupiah, manakala di pertengahan tahun anggaran mendapat penambahan 32 miliar rupiah. "Ketersediaan anggaran ini tentu cukup untuk mengundang 4.000 mahasiswa yang akan masuk," paparnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik FT UGM Prof Ir Bambang Hari Wibisono MUP MSc PhD menyatakan, workshop digelar sebagai upaya evaluasi terhadap program kerja bidang akademik yang telah terlaksana selama ini. Dia berharap kegiatan itu sebagai refleksi atas berbagai capaian program beasiswa unggulan. "Sehingga apa yang dicita-citakan Depdiknas dan lembaga terkait dapat terwujud," tuturnya

Read More......

Download Panduan Beasiswa Unggulan bagi Pegawai

Kementerian Pendidikan Nasional memberikan beasiswa untuk melanjutkan studi di dalam negeri dan di luar negeri bagi 37 pegawai di lingkungan Kemdiknas untuk tahun 2011 .

"Beasiswa diberikan meliputi biaya penuh terdiri atas biaya pendidikan dan biaya nonpendidikan meliputi biaya hidup, tunjangan buku, tunjangan operasional, tunjangan penelitian, dan biaya transportasi," kata Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh saat memberikan pembekalan kepada pegawai penerima Beasiswa Unggulan di Jakarta, Jumat.


Download Panduan Beasiswa Unggulan bagi Pegawai

Beasiswa Unggulan bagi Pegawai : Panduan
Beasiswa Unggulan bagi Pegawai : Paparan

Mohammad Nuh mengatakan Kemdiknas memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada keluarga besar Kemdiknas nondosen untuk meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya. "Peningkatan kompetensi tidak bisa ditawar. Kawan-kawan ini nanti pada 5-10 tahun mendatang akan menggantikan kita semua".

Pada tahun 2011 sebanyak 121 pegawai Kemdiknas mengikuti seleksi penerimaan program Beasiswa Unggulan. Sebanyak 37 orang dinyatakan lulus menerima beasiswa pada tahun ini. Dari jumlah tersebut sebanyak tujuh orang diterima di universitas luar negeri dan 30 orang di universitas dalam negeri. Sebanyak 84 orang akan dipersiapkan untuk menerima beasiswa pada tahun depan.

"Ini satu kesempatan bagus. Kami berbahagia dan memberikan dukungan. Tahun depan kita dorong lebih banyak lagi yang keluar (negeri)," kata Mendiknas.

Berdasarkan data Biro Kepegawaian Kemdiknas, jumlah staff di lingkungan Kemdiknas per 31 Desember 2010 mencapai 4.327 orang. Jenjang pendidikan pegawai masing-masing untuk kualifikasi D3 311 orang (7,2 persen), S1 2.909 orang (67,2 persen), S2 994 orang (23 persen), dan S3 113 orang (2,6 persen).

Koordinator Beasiswa Unggulan Abe Susanto mengatakan, program Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan sejak 2006 sampai saat ini telah membiaya sebanyak 8.059 mahasiswa baik di dalam maupun luar negeri senilai Rp550 miliar.

Pada tahun ini, anggaran beasiswa unggulan melalui Anggaran dan Pendapatan Belanja Negarai (APBN) sebanyak Rp112 miliar untuk 2.500 mahasiswa. "Jumlahnya meningkat menjadi Rp139 miliar setelah APBN Perubahan," katanya.

Adapun persyaratan untuk meraih program Beasiswa Unggulan bagi pegawai di lingkungan Kemdiknas, yakni memiliki kemampuan akademik dan Bahasa Inggris yang cukup berdasarkan hasil seleksi dan Tes Potensi Akademik (TPA), usia maksimal untuk program Master adalah 30 tahun dan Program Doktor adalah 35 tahun, pegawai di lingkungan Unit Utama Kemdiknas, diterima di perguruan tinggi dengan akreditasi A.

beberapa universitas di dalam negeri yang direkomendasi antara lain Universitas Brawijaya Malang, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Indonesia Jakarta, Univ. Katolik Atmajaya Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Read More......

Download File Beasiswa Unggulan Kemendiknas 2011

Ketersediaan dana yang melimpah adalah ciri sebuah World Class University , karena tanpa dana yang memadai kegiatan ilmiah yang berkualitas tinggi tidak akan bisa dijalankan. Universitas-universitas kelas dunia biasanya memiliki tiga sumber dana, yaitu : (1) pemerintah, untuk dana operasional dan riset, (2) dana riset kontrak dengan perusahaan negara dan swasta, (3) pendapatan sendiri, dari sumber SPP mahasiswa dan dana abadi (endowment) dan dana hibah. Di Asia, National University of Singapore mempunyai dana abadi tertinggi sebesar 774 juta dolar yang didapatkan dari pengumpulan dana dari banyak pihak. Tabel berikut ini merupakan gambaran dana abadi beberapa universitas kelas dunia di AS dan Inggris.

Perbandingan Dana Abadi Universitas Di Amerika dan Inggris

Lembaga Amerika Aset Dana Abadi Tahun 2006 Lembaga Inggris Aset Dana Abadi Tahun 2002
Harvard University 28.916 Cambrige 4.000
Yale University 18.031 Oxford 4.000
Standford University 14.085 Edinburgh 3.200
University of Texas 13.235 Glasgow 240
Priceton University 13.045 King's 200

Sumber :Kemendiknas

Download File Penting Program Beasiswa Unggulan 2011 meliputi :

  • Program Beasiswa Sarjana (S1)
  • Dalam pelaksanaannya jenis beasiswa ini dapat digunakan untuk putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan di jenjang pendidikan sarjana atau yang sederajat. Adapun bidang studi yang disarankan untuk dikembangkan adalah : 1. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, 2. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3. Teknik Informatika dan Industri, 4. Teknik Otomasi dan Elektronika, 5. Seni Rupa, Animasi, DKV, 6. Ekonomi (syariah; usaha mikro dan menengah, dll) 7. Akuntansi (khususnya akuntansi pemerintahan), 8. Sosial dan Humaniora, 9. Bahasa dan Budaya, 10. Perhotelan dan Pariwisata, 11. Broadcast, 12. Dan beberapa bidang studi lain yang berbasis produk unggulan. Download File

  • Program Beasiswa Magister (S2)
  • Dalam pelaksanaannya jenis beasiswa ini dapat digunakan untuk putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan di jenjang pendidikan magister. Adapunbidang studi yang disarankan untuk dikembangkan adalah: 1. Bioteknologi dan Nano Bioteknologi, 2. Nano Elektronik dan Nano Biologi, 3. Remote Sensing, 4. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5. Agrobisnis Industri, 6. Kedokteran (Biomedik), 7. Teknologi Informasi, 8. Game Teknologi dan Jaringan, 9. Ilmu Komputer, 10. Seni dan Pariwisata, 11. Akuntansi Pemerintahan, 12. Perencanaan Pendidikan, 13. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Download File (File ini juga dibutuhkan untuk 2 jenis beasiswa di bawah : Program Beasiswa Doktor (S3) dan Program Beasiswa Prestasi).

  • Program Beasiswa Doktor (S3)
  • Dalam pelaksanaannya jenis beasiswa ini dapat digunakan untuk putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan di jenjang pendidikan doktor. Adapun bidang studi yang disarankan untuk dikembangkan adalah : 1. Bioteknologi dan Nano Bioteknologi, 2. Nano Elektronik dan Nano Biologi, 3. Remote Sensing, 4. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5. Agrobisnis Industri, 6. Kedokteran (Biomedik), 7. Teknologi Informasi, 8. Game Teknologi dan Jaringan, 9. Ilmu Komputer, 10. Seni dan Pariwisata, 11. Akuntansi Pemerintahan, 12. Perencanaan Pendidikan, 13. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14. Fisip, Hukum dan Humaniora, 15. Beberapa bidang studi lain

  • Program Beasiswa Prestasi
  • Sasaran program ini adalah siswa/siswi tingkat SD, SMP, SMA, SMK, SLB, MA, MI/pondok pesantren yang berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu di tingkat nasional dan internasional, baik perorangan maupun kelompok. Pemenang Lomba IPTEK/Lomba Karya Ilmiah Remaja tingkat nasional dan internasional, Pemenang Lomba LKS (Lomba Kompetensi Siswa) tingkat nasional dan internasional, pemenang Lomba Olimpiade tingkat nasional dan internasional, pemenang lomba bidang Olahraga/Seni-budaya/Bahasa/Sains tingkat nasional dan internasional. Beasiswa ini hanya diberikan berdasarkan jenis prestasi bukan perorangan, sehingga meskipun kejuaraan berkelompok, maka siswa/siswi yang bersangkutan tetap hanya akan menerima satu paket beasiswa. Bagi juara olimpiade nasional dan internasional peraih medali emas, perak dan perunggu dan ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi, wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut: 1. Bagi juara olimpiade internasional (emas, perak, perunggu) bidang sains dan seni berhak menerima beasiswa ini setelah menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan dan melalui seleksi Tim Beasiswa Unggulan. Adapun pra-seleksi yang dilakukan Tim Beasiswa Unggulan melalui seleksi administrasi minimal mempunyai Letter of Acceptance dari Perguruan tinggi di dalam dan luar negeri (diharapkan dengan sangat memilih perguruan tinggi negeri). Hal ini berarti bahwa Sekretariat Beasiswa Unggulan tidak melakukan pemilihan perguruan tinggi bagi pelamar program beasiswa ini. Disamping itu untuk kelengkapan proses seleksi pelamar wajib mengirimkan persyaratan pendaftar online atau manual tersebut di atas dan dikirim ke Sekretariat Beasiswa Unggulan. Bagi pelamar terseleksi dalam program ini, maka akan menerima beasiswa biaya pendidikan dan biaya hidup selama studi. Tetapi bila pelamar melanjutkan studi di luar negeri, maka pelamar akan menerima beasiswa di luar negeri adalah biaya hidup dan bantuan tiket. Pemberian penghargaan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 34 Tahun 2006. 2. Bagi juara olimpiade nasional bidang sains dan seni juga berhak mendapatkan Beasiswa Unggulan setelah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan berupa surat keterangan diterima di perguruan tinggi pilihan. Selanjutnya Tim Beasiswa Unggulan melakukan seleksi. Tetapi sekretariat Beasiswa Unggulan tidak memilihkan atau membantu proses seleksi di perguruan tinggi pilihan tersebut. Adapun persyaratan administrasi yang harus dilengkapi adalah sesuai pelamar online atau manual tersebut di atas. Tim Beasiswa Unggulan akan memberikan beasiswa berdasarkan ketersediaan anggaran setiap tahunnya. 3. Bagi juara olah raga peraih medali internasional atau nasional pada tahun akademik 2010/2011 ini, diberi kesempatan melanjutkan studi di Indonesia maupun di luar negeri. Selama studi dapat dimanfaatkan waktunya untuk berlatih di daerah/negara yang dituju. Selama berada di luar negeri, penerima beasiswa hanya mendapatkan biaya hidup.

  • Program Kembaran dan Gelar Ganda
  • Dalam implementasi program Beasiswa Unggulan, diharapkan pihak penyelenggara atau lembaga perguruan tinggi di Indonesia melakukan program kembaran dan/atau gelar ganda (double degree/joint degree) dengan berbagai tingkatan seperti terurai dalam buku pedoman ini. Sebagai contoh, untuk menyelenggarakan program Double Degree jenjang pendidikan S2 (magister) diharapkan perguruan tinggi di Indonesia melaksanakan proses pendidikan selama 12 (dua belas) bulan atau 2 (dua) semester dan sisanya 12 (dua belas) bulan atau 2 (dua) semester ada di lembaga perguruan tinggi mitra (partner) internasional. Setelah mahasiswa yang bersangkutan menyelesaikan semua proses pendidikan, baik di dalam maupun di luar negeri, maka mereka berhak mendapatkan gelar dari perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri. Proses pemelejaran demikianlah yang di artikan dalam Double/Joint Degree. Apabila program Double/Joint Degree belum dapat dilaksanakan seperti konsep yang di uraikan seperti di atas, maka perguruan tinggi penyelenggara Beasiswa Unggulan dapat melaksanakan kegiatan sebagai berikut: 1. Twinning Program, pada prinsipnya sama dengan program Double Degree, hanya selama proses pendidikan mahasiswa hanya mendapatkan salah satu degree dari perguruan tinggi penyelenggara baik di Indonesia maupun luar negeri. Selama proses pendidikan di lembaga perguruan tinggi luar negeri berlangsung, mahasiswa teregristrasi di perguruan tinggi yang dituju. Sehingga pihak pemberi gelar mengakui kredit (baik teori/praktikum) selama di Indonesia dan luar negeri. 2. Sandwich Program, pada prinsipnya sama dengan Twinning Program, hanya durasi waktunya 6 (enam) bulan. Selama proses pendidikan di lembaga perguruan tinggi luar negeri berlangsung, mahasiswa teregristrasi di lembaga perguruan tinggi yang dituju. Sehingga pihak pemberi gelar mengakui kredit (baik teori/praktikum) selama di Indonesia dan luar negeri. Pola lain dalam Sandwich Program ialah mahasiswa yang bersangkutan statusnya tidak teregistrasi di lembaga perguruan tinggi luar negeri, tetapi pihak lembaga perguruan tinggi di Indonesia diharapkan mengakui sebagian kredit (baik teori/praktek) yang diambil selama program ini. Di samping itu juga dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan yang sebagian besar proses pendidikannya terdiri dari praktek di laboratorium, sehingga berstatus sebagai Research Student seperti terjadi di negara Jepang. Proses pendidikan selama mengikuti program Double Degree di luar negeri, mahasiswa melaksanakan kegiatan yang terdiri dari perkuliahan (teori), praktek (praktikum), mengikuti seminar internasional, pra tesis (penelitian), telaah pustaka, dan lain sebagainya. Dimana agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, mahasiswa yang bersangkutan wajib menyiapkan dan melakukan komunikasi dengan pembimbing/dosen/ profesor mitra di lembaga perguruan tinggi luar negeri dan dibantu dosen/pembimbing dari lembaga perguruan tinggi di Indonesia. Dengan demikian, begitu mahasiswa program Double Degree sampai di negara tujuan sudah siap mengikuti jadwal kegiatan yang sudah dipersiapkan sejak dari lembaga perguruan tinggi penyelenggara dan telah disepakati oleh kedua belah pihak. Program Double Degree pada prinsipnya ditujukan untuk menstimulasi peningkatan mutu pendidikan lembaga perguruan tinggi di Indonesia, baik ditinjau dari aspek dosen (staf pengajar), mahasiswa maupun KEMDIKNAS pada umumnya. Dalam hal ini, lembaga perguruan tinggi di Indonesia diuji kemampuan atau kompetensinya dalam penyelengaraan program Double Degree melalui kegiatan negosiasi untuk mendapatkan tuition fee gratis atau fasilitas lainnya dari lembaga perguruan tinggi di luar negeri. Oleh karena itu, keberadaan contact person di perguruan tinggi mitra internasional sangat menentukan dalam proses negosiasi tersebut. Dalam proses negosiasi untuk mendapatkan tuition fee gratis atau fasilitas lain, biasanya agak mudah diperoleh dari negara Jerman, Perancis, kawasan Skandinavia, Austria, Jepang, Thailand, dll setelah terjadi penandatangan MoU antara lembaga perguruan tinggi di Indonesia dengan pihak di luar negeri. Dalam pelaksanaan program Double Degree, apabila lembaga perguruan tinggi penyelenggara di Indonesia telah berhasil mendapatkan partner internasional dan siap mengimplementasikan program kerja samanya, langkah yang perlu dilakukan adalah mendapatkan persetujuan dari Menteri Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi KEMDIKNAS sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007 tentang Kerja Sama Perguruan Tinggi serta Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 61/DIKTI/Kep/2000 tentang Petunjuk Pelaksanaan Kerja Sama Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Perguruan Tinggi/Lembaga lain di Luar Negeri. Sehingga perguruan tinggi di Indonesia diwajibkan melengkapi beberapa dokumen sebagaimana diatur dalam Permendiknas tersebut. Dengan demikian, apabila sudah mendapatkan persetujuan dari Mendiknas, maka semua aktivitas program Double Degree dapat dilaksanakan dengan baik. Adapun proposal yang berisi dokumen diperlukan untuk mendapatkan persetujuan dari Mendiknas tentang program Double/Joint Degree terdiri dari : 1. Profil program studi penyelenggara dan mitra luar negerinya; 2. Susunan staf pengajar beserta CVnya (bila diperlukan); 3. Susunan kurikulum program studi penyelenggara yang digunakan; 4. Komposisi penggunaan kurikulum bersama dan durasi waktunya; 5. Persyaratan bahasa dan proses seleksi mahasiswa yang terlibat; 6. Persyaratan akademis mahasiswa yang telibat; 7. Susunan pengelola program stdui penyelenggara beserta SKnya; 8. Lampiran MoU dan ToA; 9. Lampiran format ijasah yang akan dikeluarkan; 10. Lampiran SK senat universitas tentang ketentuan ijasah dan proses pemelajarannya. Bagi program studi penyelenggara pada tahun 2010 ini yang ingin mengajukan calon mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan, wajib melampirkan Surat Persetujuan penyelenggaraan program Double/Joint Degree dari Mendiknas melalui Dirjen DIKTI. Disamping itu persyaratan mahasiswa pelamar terseleksi seperti terurai tersebut di atas wajib dimiliki. Apabila surat tersebut belum di peroleh, maka paling tidak sudah ada surat balasan dari Ditjen DIKTI sebagai tanggapan tentang program yang diselenggarakan atau untuk melengkapi dokumen lainnya.

  • Beasiswa Bagi Mahasiswa Asing
  • Selama ini program Beasiswa Unggulan memberikan menawarkan dan memberikan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Indonesia berprestasi serta yang akan melanjutkan studinya baik di perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Tetapi mulai tahun 2009 Sekretariat Beasiswa Unggulan menyelenggarakan program bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa Asing (khususnya untuk Palestina). Konferensi NAASP (New Asian-African Strategic Partnership) Ministerial yang telah diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 14-15 Juli 2008 berhasil menginventarisasi bantuan negara-negara di kawasan Asia dan Afrika kepada negara dan bangsa Palestina khususnya bidang bantuan teknis dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia sebagai upaya mempersiapkan Palestina untuk menjadi negara yang merdeka dan berdaulat. Indonesia sebagai negara yang tergabung dalam organisasi tersebut mempunyai komitmen untuk membantu negara dan bangsa Palestina, hal ini ditandai dengan kunjungan Presiden Palestina ke Indonesia yang diterima Presiden RI, tanggal 22-23 Oktober 2007, pada pertemuan tersebut disepakati suatu Joint Statement berupa bantuan Capacity Building for Palestine antara lain: pengembangan sumber daya manusia di sektor pelayanan, administrasi dan keuangan publik, konstruksi, pertanian, kesehatan, pendidikan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, pelatihan kepolisian dan diplomatik. Kondisi inilah yang melatarbelakangi lahirnya kegiatan bantuan beasiswa Untuk mahasiswa asing (khususnya Palestina). Program Beasiswa Unggulan ini merupakan wadah pemelajaran, baik untuk Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal, KEMDIKNAS sendiri, maupun perguruan tinggi penyelenggara terutama tentang pengurusan mahasiswa asing berkaitan dengan visa dan ijin tinggalnya. Pemberian Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa Asing (khususnya Palestina) adalah salah satu jenis pemberian beasiswa bagi mahasiswa dari warga negara asing yang terpilih dan terseleksi menjadi peserta didik pada perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa ini bertujuan untuk: 1. Untuk membatu negara Palestina dalam pengembangan sumber dayamanusia; 2. Untuk meningkatkan dan mengembangkan kerja sama lembagapendidikan di Indonesia dengan negara-negara di dunia dan negara Palestina pada khususnya; 3. Untuk lebih mengenalkan dan mengembangkan sistem pendidikan serta budaya Indonesia pada mahasiswa asing (Palestina). Sasaran program ini adalah mahasiswa/i asing (Palestina, dll) yang akan melanjutkan studinya pada perguruan tinggi di Indonesia baik padatingkat/jenjang pendidikan diploma sarjana (S1) atau yang sederajat, magister (S2) maupun doktor (S3). Perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan bagi mahasiswa Palestina penerima Beasiswa Unggulan diprioritaskan sudah melaksanakan program Double/Joint Degree. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk beasiswa untuk studi lanjut yang berupa biaya pendidikan, biaya hidup, tunjangan tiket, bantuan penelitian dan asuransi. Mahasiswa asing (Palestina) yang akan mendapatkan beasiswa dari Beasiswa Unggulan harus memenuhi persyaratan antara lain: 1. Mengikuti Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI); 2. Mempunyai surat penerimaan mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia. Mekanisme pelaksanaan pemberian beasiswa bagi mahasiswa asing (Palestina) adalah sebagai berikut: 1. BPKLN KEMDIKNAS bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri untuk sosialisasi program; 2. Kementerian Luar Negeri melalui KBRI menampung pendaftaran, melakukan seleksi administrasi dan mengusulkan ke Sekretariat Beasiswa Unggulan; 3. Sekretariat Beasiswa Unggulan melakukan seleksi dengan program studi penyelenggara terhadap calon yang mendaftar; 4. Sekretariat Beasiswa Unggulan menetapkan hasil seleksi dipublikasikan dan KBRI diberi tembusan informasi tersebut; 5. Sekretariat Beasiswa Unggulan memproses usulan VITAS bagi mahasiswa terseleksi; 6. Mahasiswa Palestina terseleksi memproses paspor dan VITAS untuk kedatangan ke Indonesia (bila sudah mempunyai paspor maka masa berlakunya paling sedikit masih 2 (dua) tahun dari kedatangan; 7. Program studi penyelenggara berkomunikasi dengan mahasiswa terseleksi untuk memproses kedatangan, registrasi, ijin tinggal dilokasi dimana mahasiswa akan belajar. Adapun contoh Surat Rekomendasibagi mahasiswa asing terseleksi disajikan pada Lampiran 5; 8. Proses belajar berlangsung hingga selesai masa studinya. Hanya perlu diperhatikan bagi program studi penyelenggara agar memperhatikanproses perpanjangan izin tinggal mahasiswa terseleksi agar tidak terlambat (over stay). Jenis beasiswa ini bisa dilihat disini

  • Program Beasiswa Untuk Peneliti dan Pencipta (P3SWOT)
  • Program beasiswa peneliti dan pencipta berlaku untuk pelamar yang telah melakukan penelitian dan suatu pekerjaan menemukan sesuatu sebagai hasil karya ciptanya di bidang : 1. Pertanian dan Pangan; 2. Kesehatan dan Obat-obatan; 3. Teknologi Informasi Komunikasi (ICT); 4. Seni; 5. Sosial Humaniora; 6. Perikanan dan Kelautan; 7. Bioteknologi; 8. Lingkungan; 9. Energi Alternatif; 10. Teknologi Pertahanan, dan 11. Teknologi Manufaktur. Download File

  • Program Beasiswa Untuk Penulis (P3SWOT)
  • Program beasiswa penulis berlaku untuk pelamar yang telah menyelesaikan karya penulisan dalam bidang : 1. Pertanian dan Pangan; 2. Kesehatan dan Obat-obatan; 3. Teknologi Informasi Komunikasi (ICT); 4. Seni; 5. Sosial Humaniora; 6. Pendidikan; 7. Hukum; 8. Sastra; 9. Perikanan dan Kelautan; 10. Energi Alternatif; 11. Teknologi Pertahanan, dan 12. Teknologi Manufaktur. 13. Dan lain-lain.

  • Program Beasiswa Untuk Seniman (P3SWOT)
  • Program beasiswa seniman ini berlaku untuk pelamar yang telah menghasilkan karya seni dalam bidang musik, tari, film, teater, sastra, dan budaya, dll yang sejenisnya. Kriteria seniman yang memenuhi syarat untuk memperoleh beasiswa program ini adalah : 1. Seniman yang berprestasi dalam karya seni dan sesuai dengan bidang keahliannya; 2. Seniman yang kreatif, inovatif dan unggul dalam bidangnya yang ditunjukan dengan karya seni; 3. Seniman yang telah memiliki produk dari hasil seninya secara nasional; 4. Seniman yang telah menghasilkan keseniannya yang berguna bagi masyarakat dan bangsa; 5. Seniman yang telah mempublikasikan karya seninya di media massa nasional. Pelamar program beasiswa ini bila lolos seleksi akan mendapatkan sejumlah dana yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa hal yaitu : 1. Membiayai undangan seniman untuk acara pameran di luar negeri; 2. Membiayai karya cipta seniman yang bertaraf nasional dan internasional; 3. Membiayai kelompok seniman yang akan melakukan kegiatan seminar, workshop, short course berskala nasional dan internasional; 4. Membiayai kegiatan-kegiatan kesenian di dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan profesionalisme bidang kesenian secara nasional dan internasional. Keterangan lebih lengkap mengenai program beasiswa untuk Seniman dapat dibaca pada Buku Panduan Beasiswa Unggulan.

  • Program Beasiswa Untuk Wartawan (P3SWOT)
  • Program beasiswa wartawan ini berlaku untuk pelamar yang telah menghasilkan karya liputan/reportase dalam bidang pendidikan. Hasil karya liputan/reportase tersebut bersifat konstruktif dan membangun masyarakat Indonesia dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kriteria wartawan yang memenuhi syarat untuk memperoleh beasiswa program ini adalah : 1. Wartawan yang berprestasi dalam karya liputan reportase berskala nasional dan internasional; 2. Mempunyai bukti keanggotaan assosiasi profesi wartawan nasional; 3. Wartawan yang kreatif, inovatif dan unggul dalam bidangnya yang ditunjukan dengan karya liputan/reportase; 4. Wartawan yang telah menghasilkan karya liputan/reportase yang berguna bagi masyarakat dan bangsa serta mempublikasikan di media massa nasional. Pelamar program beasiswa ini bila lolos seleksi akan mendapatkan sejumlah dana yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa hal yaitu : 1. Membiayai undangan jurnalis bidang pendidikan di luar negeri; 2. Membiayai karya jurnalis bertaraf internasional; 3. Membiayai kegiatan seminar, workshop, short course berskala internasional; 4. Membiayai kegiatan-kegiatan jurnalis di dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan profesionalisme secara nasional dan internasional. Download File

  • Program Beasiswa Untuk Olahragawan (P3SWOT)
  • Program beasiswa olahragawan ini berlaku untuk atlet yang telah mempunyai prestasi dalam bidang olah raga berskala nasional maupun internasional. Prestasi tersebut dibuktikan dengan medali atau sertifikat yang diterima, serta bukti-bukti lain yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan perundang-undangan yang ada. Prestasi olah raga dari atlet yang melamar untuk program beasiswa ini berasal dari cabang olah raga : 1. Bulutangkis; 2. Sepakbola; 3. Karate; 4. Renang; 5. Atletik; 6. Tinju; 7. Balap sepeda; 8. Bola Voli; 9. Pencak Silat; 10. Yudo; 11. Basket dan cabang olahraga yang lainnya. Olah ragawan yang memenuhi syarat untuk memperoleh program beasiswa ini adalah : 1. Mempunyai bukti prestasi/sertifikat kejuaraan cabang olah raga secara nasional dan internasional paling lama sebelum 3 (tiga) terakhir saat mengajukan permohonan beasiswa ini; 2. Sedang tidak mendapatkan beasiswa sejenis dari lingkungan KEMDIKNAS 3. Mempunyai rekomendasi dari pengurus cabang olah raga yang ditekuni. 4. Peraih medali emas, peran dan perunggu dalam kejuaraan yang diikuti Pelamar program beasiswa ini bila lolos seleksi akan mendapatkan sejumlah dana yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa hal yaitu : 1. Membiayai kegiatan yang mendukung profesionalisme untuk kegiatan olahraga di dalam dan luar negeri; 2. Membiayai kegiatan-kegiatan yang menunjang bidang olahraga dalam lingkup regional, nasional maupun internasional ditunjukkan surat undangan atau rekomendasi dari asosiasi olah raga yang ada; 3. Membiayai hal-hal yang dianggap penting oleholahragawan secara regional, nasional dan internasional. 4. Tidak dipergunakan untuk membiaya sekolah atau studi. Program beasiswa ini dapat juga dipergunakan untuk pelatih cabang olah raga yang mampu menghasilkan atlet berprestasi berskala nasional dan internasional sesuai ketentuan di atas. Download File

  • Program Beasiswa Untuk Tokoh (P3SWOT)
  • Program beasiswa untuk tokoh ini diperuntukkan bagi pelamar atau seseorang yang mempunyai ketokohan dalam berbagai bidang. Batasan dari ketokohan dalam program ini, apabila pelamar tersebut mendapat penghargaan dari pemerintah atau lembaga lain; atau dibuktikan dengan pemberitaan di mass media tentang ketokohannya. Adapun bidang ketokohannya adalah sebagai berikut: 1. Pendidikan; 2. Ilmu Pengetahuan; 3. Seni Musik, Tari, Film; 4. Olahraga; 5. Sosial HumanioraTeknologi; 6. Sastra; 7. Budaya; 8. Politik; 9. Lingkungan, dan 10. Tradisional. Tokoh yang memenuhi syarat untuk memperoleh program beasiswa ini adalah : 1. Tokoh yang berprestasi dalam karya ketokohannya secara regional dan nasional; 2. Tokoh yang kreatif, inovatif dan unggul dalam bidangnya yang ditunjukan dengan karya ketokohannya; 3. Tokoh yang telah memiliki produk dari hasil seninya secara Nasional; 4. Tokoh yang telah menghasilkan karya yang berguna bagi masyarakat dan bangsa. Pelamar program beasiswa ini bila lolos seleksi akan mendapatkan sejumlah dana yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa hal yaitu : 1. Membiayai kegiatan yang mendukung profesionalisme untuk Tokoh di dalam dan luar negeri; 2. Membiayai karya ketokohan secara Regional dan Nasional; 3. Membiayai kegiatan-kegiatan yang menunjang bidang ketokohannya dalam lingkup regional, nasional maupun internasional, dan 4. Membiayai hal-hal yang dianggap penting oleh pelamar untuk skala nasional dan internasional. Download File

Read More......

Beasiswa Unggulan Kemendiknas 2011

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas/Kemendikbud) melalui Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri memberikan beasiswa unggulan kepada putera-puteri terbaik dan berprestasi Indonesia, kecuali dosen. Beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia atau pihak lain berdasarkan atas kesepakatan bersama. Sebenarnya Beasiswa ini dibuka setiap tahun. Dari awal tahun hingga sekarang sudah 4.200 orang yang lolos seleksi program beasiswa unggulan di universitas dalam negeri, ini sejalan dengan apa yang disampaikan staff Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemendiknas.

Adapun jumlah peserta yang lolos tiap tahunnya berbeda karena tergantung dengan anggaran yang didapat Kemendiknas. Anggran tahun lalu lebih kecil dibanding dengan tahun 2011.

Wakil Kemendiknas/Kemendikbud menjelaskan untuk mendaftar beasiswa unggulan, peserta bisa datang langsung ke kemendiknas gedung C lantai 6 Senayan Jakarta maupun daftar secara online di www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id.

Beasiswa unggulan terbuka bagi peraih olimpiade tingkat nasional maupun internasional, pemenang lomba kompetensi siswa, lulusan terbaik, lulusan cumlaude, penulis, pencipta, peneliti, seniman, olahragawan, staf Pemda dan staf Diknas.


Mengenal Lebih Jauh Beasiswa Unggulan Kemendiknas


Profil

World class university mempunyai kemandirian di dalam mengelola urusannya sendiri, mempunyai tradisi yang mendarah daging, yang dapat menjamin bahwa masyarakat akademik (dosen, mahasiswa dan staf) memiliki pengaruh terhadap elemen utama kehidupan akademik, yaitu mahasiswa baru, kurikulum, kriteria kelulusan, pengangkatan dosen dan profesor dan arah utama karya akademik institusi tersebut.

Fasilitas yang memadai untuk kegiatan akademis juga penting. Riset dan pengajaran yang berkualitas harus memiliki akses terhadap perpustakaan dan laboratorium yang sesuai, serta akses ke internet dan sumber-sumber daya elektronik lainnya. Dengan semakin meningkatnya kompleksitas dan cakupan pengembangan sains, biaya untuk menyediakan akses tersebut menjadi lebih tinggi.

Dana adalah hal penting bagi perguruan tinggi. Dana ini tidak hanya diperlukan untuk setahun atau dua tahun. Ketersediaan dana itu harus konsisten dan bersifat jangka panjang. Dana ini tidak saja untuk tetap melakukan aktivitas penelitian dan pengajaran rutin saja, tetapi juga untuk terus menumbuhkan riset. Pendanaan merupakan tantangan khusus di lingkungan perguruan tinggi karena di banyak negara pemerintah mengurangi atau bahkan menarik pendanaan rutinnya dari perguruan tinggi. Tanpa kemampuan penggalaian dana yang baik, sulit mengembangkan dan mempertahankan predikat world class university. Di dalam konteks Indonesia, meningkatnya jumlah sumbangan penyelenggaraan pendidikan dan sejenisnya dirasa memberatkan bagi sejumlah kalangan.

Sejalan dengan pentingnya internasionalisasi menuju World Class University maka diperlukan terobosan program yang mampu menjembatani kondisi tersebut. Sejak tahun 2006 Departemen Pendidikan Nasional (Sekarang berubah menjadi Kementerian Pendidikan Nasional) melalui Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) merintis program Beasiswa Unggulan (BU). Program ini sesuai Permendiknas No. 20/2009 tentang Beasiswa Unggulan, merupakan program beasiswa khusus dari pemerintah atau pihak lain, berupa bantuan biaya pendidikan kepada putra-putri terbaik bangsa indonesia dan mahasiswa asing terpilih. Selain itu, terdapat pula beasiswa yang dirancang khusus bagi para pencipta, peneliti, penulis, seniman, wartawan, olahragawan, dan tokoh (P3SWOT). Disamping itu salah satu target implementasi dari program Beasiswa Unggulan adalah mewujudkan Double Degree di program studi terpilih.

Program Double degree

Program kembaran atau gelar ganda (double degree) adalah penyelenggaraan kegiatan antar perguruan tinggi untuk melaksanakan suatu program studi secara bersama serta saling mengakui lulusannya. Program Beasiswa Unggulan dikembangkan untuk program double degree (gelar ganda) antara perguruan tinggi di dalam negeri dengan perguruan tinggi di luar negeri. Sehingga lulusan dari program ini akan memperoleh gelar ganda dan memiliki kemampuan plus dari program regular lainnya. Implementasi program double degree pada suatu program studi merupakan tahap awal dan langkah strategis dari suatu universitas untuk mencapai World Class University (WCU). Disamping itu, program ini merupakan salah satu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

Program double degree pada prinsipnya ditujukan untuk menstimulasi peningkatan mutu pendidikan lembaga perguruan tinggi di Indonesia, baik ditinjau dari aspek dosen (staf pengajar), mahasiswa maupun Kemdiknas pada umumnya. Program magister double degree dilaksanakan selama 4 semester. Mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan semester I dan II di perguruan tinggi dalam negeri dan selanjutnya kegiatan perkuliahan/penelitian dan penyelesaian tugas akhir pada semester III dan IV dilaksanakan di perguruan tinggi mitra diluar negeri selama maksimal 12 bulan. Setelah selesai proses pembelajaran di kedua universitas tersebut, mahasiswa yang bersangkutan akan menerima ijasah.

Untuk melaksanakan program double degree/joint degree perguruan tinggi di dalam negeri wajib melakukan diskusi dan negosiasi dengan menggunakan berbagai media dalam melaksanakan kerja sama untuk menghasilkan Memorandum of Understanding (MoU) dan Dalam Memorandum of Agreement (MoA) atau Technical of Agreement (TA). Inti kesepakatan dalam MoU adalah program kerja sama antara perguruan tinggi yang terlibat dan ditandatangani pejabat setingkat rektor serta pelaksanaan kerja sama antar perguruan tinggi mengacu kepada Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007.

Dalam Memorandum of Agreement (MoA) atau Technical of Agreement (TA) memuat kesepahaman tentang kurikulum yang digunakan, jumlah mata kuliah yang wajib dilaksanakan, sistem satuan kredit transfer, format ijasah yang dikeluarkan dan rencana program yang akan datang. Technical of Agreement atau dokumen yang sejenis dapat ditandatangani oleh pimpinan perguruan tinggi. Melalui program double degree mahasiswa akan menjalani kuliah selama setahun di Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia dan setahun di PT luar negeri (S2) atau tiga tahun di Indonesia dan setahun di luar negeri (S1). Mulai tahun 2008, program Beasiswa Unggulan dilaksanakan seirama dengan pelaksanaan Beasiswa Darmasiswa, yaitu beasiswa untuk mahasiswa asing yang mengikuti pendidikan di PT dalam negeri selama lebih kurang enam sampai dua belas bulan untuk pendidikan non degree terutama bidang bahasa Indonesia, budaya dan kesenian Indonesia.

Pendanaan

Alokasi anggaran dari APBN di Kemdiknas untuk pelaksanaan program Beasiswa Unggulan mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Tahun 2006, saat pertama kali program ini dirintis, pemerintah menganggarkan dana Rp. 30,06 miliar, tahun 2007 Rp. 227 miliar, tahun 2008 Rp. 177,99 miliar tetapi dipotong Rp. 35,39 miliar sebagai akibat dampak kenaikan bahan bakar minyak sehingga hanya tersisa Rp. 142,60 miliar. Kemudian tahun 2009 turun menjadi Rp. 74 miliar dan tahun 2010 direncanakan naik menjadi 77,5 miliar, dengan rincian sebagai berikut :

Pendanaan Beasiswa Unggulan 2006-2009 (dalam Milyar)

Tahun/th> Jumlah Anggaran
2006 Rp. 30,06
2007 Rp. 227
2008 Rp. 142,60 (termasuk dengan Darmasiswa)
2009 Rp. 77,5 (termasuk Darmasiswa)

Alokasi dana dari APBN di Kemdiknas untuk pelaksanaan program tersebut mengalami fluktuasi setiap tahunnya, hal ini dapat dilihat dengan lebih jelas pada gambar di bawah ini :


Ada sedikitnya 60 program studi di 31 PT di Indonesia baik negeri maupun swasta yang dilibatkan oleh Depdiknas dalam hal ini Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri untuk mengelola program tersebut. Hasilnya, tahun 2006 melalui seleksi ketat dan anggaran yang tersedia, ada 3.166 mahasiswa yang berhasil dibiayai dengan program tersebut termasuk 17.000 lebih mahasiswa program D3-TKJ.
Pada tahun 2007 sebanyak 3.227 mahasiswa terbaik telah dibiayai melalui program ini, berturut-turut kemudian tahun 2008 sebanyak 614 mahasiswa dari berbagai jurusan dan tahun 2009 ada 185 mahasiswa dan enam mahasiswa Palestina yang kuliah di Indonesia. Beasiswa Unggulan untuk mahasiswa Palestina ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah Indonesia terhadap bangsa Palestina.

Program Beasiswa Unggulan 2011

Program Beasiswa Unggulan 2011 meliputi :

  • Program Beasiswa Sarjana (S1)
  • Program Beasiswa Magister (S2)
  • Program Beasiswa Doktor (S3)
  • Program Beasiswa Prestasi
  • Program Kembaran dan Gelar Ganda
  • Beasiswa Bagi Mahasiswa Asing
  • Program Beasiswa Untuk Peneliti dan Pencipta (P3SWOT)
  • Program Beasiswa Untuk Penulis (P3SWOT)
  • Program Beasiswa Untuk Seniman (P3SWOT)
  • Program Beasiswa Untuk Wartawan (P3SWOT)
  • Program Beasiswa Untuk Olahragawan (P3SWOT)
  • Program Beasiswa Untuk Tokoh (P3SWOT)

Bagaimana Mendaftar?

Untuk mendaftar silakan akses halaman ini


Info Perhatian !!!
Bagi yang ingin membuat akun baru harap menyiapkan file hasil scan LOA dan Proposal,
apabila file tersebut belum lengkap maka pendaftaran dianggap batal

Read More......

Sunday, October 16, 2011

2011 MotoGP World Champion

The Australian Casey Stoner wrapped up the MotoGP world title with victory in his home event at Phillip Island. The Young Australian Casey Stoner won his dreams and the dreams of his supporters to become the MotoGP world championship this season. Stoner seal this title after winning the first prize at the Australian MotoGP held at Phillip Island Circuit, Sunday, October 16, 2011. Seize items (victory and the title of world champion) in the race village on his birthday was perfect.

Although still leaves two more series, Stoner points are no longer overtaken by its strongest competitor, Jorge Lorenzo. Although in the last two races, Sepang and Valencia Casey absent and sit around drinking coffee while Jorge Lorenzo took the podium one to two races remaining, but the value of 325 points can not be overtaken so that he is entitled to claim the MotoGP world champion for the second time in the right career his birthday. Casey Stoner's achievement is consistent with Prediction 2011 MotoGP World Champion ever we convey to you.


"It's not the way you want to win a championship," ... "But we had a lot of momentum going into the race. To win a fifth race here, a series title, and on my birthday, nothing gets better than today."

Donate 25 points in the series to-16 makes the position at the top of the standings

while Stoner was overtaken again. With two series remaining, the Australian rider could not be pursued by a Yamaha rider Jorge Lorenzo, who could not perform at the Australian GP. The only rival that could scuttle the Stoner to more quickly become the world champion was sidelined by an accident during warm-up session on Sunday morning, so an injury.

Apart from the absence of Lorenzo, who made the trip Stoner became very slippery to ensure themselves a world champion, rider performance is indeed very intriguing. The proof, before the Australian GP this is it 13 times in a row is always on the podium (a total of 14 and once failed to finish the race due to accidents brushed with Valentino Rossi on the second series in Jerez), and eight-time winner.

So, not a coincidence if the Stoner enhance his success became world champion for the second time in the MotoGP class with a victory at the Circuit Phillip Island, right on the day of birthday-26. Moreover, since 2007, when for the first time this rule the premier class, Stoner always win. That is, in the last five seasons undefeated in the race Stoner in his own home.

Listening to the story of the journey Stoner in the MotoGP class, there is something unique. Of the two titles are won, Stoner always with a new team. He was a successful break-establishment champion teams.

In 2007, Stoner, who a year before plunging into the LCR Honda MotoGP team, making history for the Ducati team and himself, because for the first time they felt the MotoGP world title. In his debut with the team based in Bologna, the direct Stoner made a surprise chalked 10 wins, 14 podiums and five pole positions, so grabbed the world title that had previously been in the grip Nicky Hayden. Ducati had the right won the constructors world championship, after taking it from Honda.

But along the way during the next three seasons after becoming world champion, Stoner and Ducati performance began to decline. They were drowned by Yamaha, which has two formidable rider, Valentino Rossi and Jorge Lorenzo, who in turn became the world champion.

Well, at the end of the 2010 season, Stoner decided to move to the Repsol Honda team. In his debut with the team from Japan's, Stoner again showed very promising performance. He went straight series victory in the 2011 season opener in Qatar.

Had failed on the second series due to fall after brushed with Rossi, who moved from Yamaha to Ducati, Stoner could rise again. He was always on the podium, and culminating in the Australian Grand Prix on Sunday (10.16.11), as well as to ensure victory themselves to be world champion. He won the title last season was in the grip Lorenzo.

It became the second world title Stoner in the MotoGP class. The fifth victory in a row at Phillip Island is also to ensure the Honda as constructors champions, although the remaining two series races again. That is, Honda again feel the pleasure became king after the famine crown champion since 2006, and they closed the era of 800cc engine with a proud achievement.

What about next season when the MotoGP switched to 1.000cc machine? Worth the wait, because the competition will be exciting. Because, all the factory teams already preparing from now, including Ducati, who suffered the worst periods in the 2011 season Stoner left this post.

The road race at Philip Island

Stoner's pole position as the holder does not release the helm of the race. Australian-born rider was immediately shot left his opponents. The opponent then can only be fighting position behind Stoner.

Marco Simoncelli, Andrea Dovizioso and Dani Pedrosa tried to sit in second place. However, Simoncelli who started start at number three, can continue to survive in the rankings two and taped tight Dovizioso and Pedrosa.

But the poor make Ducati rider Valentino Rossi, who started Strat at position 13. He failed to continue the race after falling while trying to overtake Loris Capirossi on lap 13.

Rossi tried to continue the race with his bike. However, the effort only lasted two laps before the end he had to surrender failed to finish.

In the remaining seven laps, Stoner and Simoncelli continue racing in positions one and two. Leaving Dovizioso and Pedrosa compete fiercely fight number three.

In the remaining four laps, the rain flushed the Phillip Island Circuit. However, when other riders directly replace the bike with the tires in accordance with these conditions, Stoner stand with mount.

This decision was proven right as rain only lasted a moment. Stoner still continue the race and lead the way race.

Until finally he became the first driver to touch the finish and 25 points menghantarkannya enough to be world champion with 325 points in the championship. and can not be overtaken again by Jorge Lorenzo (260 points) in two series remaining, Sepang and Valencia. With Casey Stoner won this race was to establish himself as King Phillip Island and established himself as the fastest on Earth, MotoGP World Champion 2011.

Casey Stoner's performances this season with its potential, Stoner is believed to be able to equal the record world champion Valentino Rossi.

A fantastic achievement achieved by the Honda rider. Of the 16 races that have been staged, Stoner successfully occupy the podium 15 times and won nine races in between.

MotoGP Jerez became the only series in which Stoner failed to reach the podium. But it was not because of runoff from other drivers, but because of engine failure that forced Stoner should end the race on lap 7.

Until now, Stoner still leads the standings with 325 points, with leaves about 2 championship series only. The Australian rider had already reached the world championship title for the second time.

Stoner saw a fantastic performance, we believe that Stoner could achieve something more. If you always perform consistently, is not impossible that Stoner will be able to equal the record champion Doohan (five-time champions) and Rossi (seven-time champion).

Residents Philip Island Welcomes 2011 World Champion Stoner's victory

Casey Stoner's brilliant victory embrace MotoGP World Champion title in 2011 greeted the audience in the stands and other places in Philip Island, immediately stood up and raised the Australian flag Stoner a few moments before reaching the finish. They welcomed son won Australia's second world champion.

The victory was greeted joyfully Stoner Repsol Honda team. But more visible joy of course is his wife, Adriana Stoner, and his parents who was spotted at the oficial space crew. Having greeted the crew, went directly to Stoner Andriana beside the podium. The wife was welcomed with a hug. And he has prepared a shirt bearing the 2011 MotoGP World Champions are then subjected to the world champion, Casey Stoner.

Read More......

Juara Dunia Motogp 2011 - Casey Stoner

The Young Australian Casey Stoner meraih impiannya dan impian para pendukungnya untuk menjadi juara dunia MotoGP musim ini. Stoner menyegel gelar ini setelah merebut juara pertama di MotoGP Australia yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Minggu, 16 Oktober 2011. Merebut semuanya (kemenangan dan gelar juara dunia) pada balapan kampung di hari ulang tahunnya adalah sempurna.

Meski masih menyisakan dua seri lagi, poin Stoner tidak lagi terkejar oleh pesaing terkuatnya, Jorge Lorenzo. Walaupun di dua balapan terakhir, Sepang dan Valencia Casey absen dan duduk manis sambil minum kopi sementara Jorge Lorenzo meraih podium 1 untuk dua balapan tersisa, tapi nilai sejumlah 325 poin tak mungkin terkejar sehingga ia berhak mengklaim juara dunia MotoGP untuk kedua kali sepanjang karir tepat di hari ulang tahunnya. Pencapaian prestasi Casey Stoner ini sesuai dengan Prediksi Juara Dunia Motogp 2011 yang pernah kami sampaikan pada Anda.


"It's not the way you want to win a championship," ... "But we had a lot of momentum going into the race. To win a fifth race here, a series title, and on my birthday, nothing gets better than today."


Donasi 25 poin pada seri ke-16 ini membuat posisi Stoner di puncak klasemen sementara tak terkejar lagi. Dengan dua seri tersisa, pebalap Australia tersebut tak mungkin bisa dikejar oleh pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yang tak bisa tampil di GP Australia. Satu-satunya rival yang bisa menjegal Stoner untuk lebih cepat menjadi juara dunia tersebut absen akibat kecelakaan saat sesi pemanasan pada Minggu pagi, sehingga mengalami cedera.

Terlepas dari absennya Lorenzo, yang membuat perjalanan Stoner menjadi sangat licin untuk memastikan diri menjadi juara dunia, performa pebalap ini memang sangat memukau. Buktinya, sebelum GP Australia ini dia 13 kali berturut-turut selalu naik podium (total 14 dan sekali gagal menyelesaikan lomba akibat kecelakaan bersenggolan dengan Valentino Rossi pada seri kedua di Jerez), dan delapan kali menjadi juara.

Maka, bukan sebuah kebetulan jika Stoner menyempurnakan kesuksesannya menjadi juara dunia untuk kedua kalinya di kelas MotoGP dengan kemenangan di Sirkuit Phillip Island, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-26. Apalagi, sejak 2007, ketika untuk pertama kalinya merajai kelas premier ini, Stoner selalu menang. Artinya, pada lima musim terakhir Stoner tak terkalahkan pada balapan di rumahnya sendiri.

Menyimak kisah perjalanan Stoner di kelas MotoGP, ada hal yang unik. Dari dua gelar juara yang diraih, Stoner selalu bersama sebuah tim baru. Dia sukses mendobrak kemapanan tim-tim juara.

Pada tahun 2007, Stoner, yang setahun sebelumnya terjun ke MotoGP bersama tim LCR Honda, membuat sejarah bagi tim Ducati dan juga dirinya sendiri, karena untuk pertama kalinya mereka merasakan gelar juara dunia MotoGP. Dalam debutnya bersama tim yang bermarkas di Bologna tersebut, Stoner langsung membuat kejutan dengan menorehkan 10 kemenangan, 14 kali naik podium, dan lima kali pole position, sehingga merengkuh gelar juara dunia yang sebelumnya berada di genggaman Nicky Hayden. Ducati pun berhak meraih gelar juara dunia konstruktor, setelah merampasnya dari Honda.

Namun dalam perjalanannya selama tiga musim ke depan setelah menjadi juara dunia, performa Stoner dan Ducati mulai menurun. Mereka ditenggelamkan oleh Yamaha, yang memiliki dua pebalap tangguh, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, yang secara bergantian menjadi juara dunia.

Nah, pada akhir musim 2010, Stoner memutuskan untuk pindah ke tim Repsol Honda. Dalam debutnya bersama tim asal Jepang itu, Stoner kembali menunjukkan performa yang sangat menjanjikan. Dia langsung meraih kemenangan pada seri pembuka musim 2011 di Qatar.

Sempat gagal pada seri kedua akibat jatuh setelah bersenggolan dengan Rossi, yang pindah dari Yamaha ke Ducati, Stoner bisa bangkit lagi. Dia selalu naik podium, dan mencapai puncaknya di GP Australia, Minggu (16/10/11), ketika meraih kemenangan sekaligus memastikan diri menjadi juara dunia. Dia merebut gelar yang musim lalu berada di genggaman Lorenzo.

Ini menjadi gelar juara dunia kedua Stoner di kelas MotoGP. Kemenangan kelima secara berturut-turut di Phillip Island ini pun memastikan Honda sebagai juara konstruktor, meskipun balapan masih tersisa dua seri lagi. Artinya, Honda kembali merasakan kenikmatan menjadi raja setelah paceklik mahkota juara sejak 2006, dan mereka menutup era mesin 800cc dengan prestasi membanggakan.

Bagaimana dengan musim depan ketika MotoGP beralih ke mesin 1.000cc? Patut ditunggu, karena persaingan bakal seru. Pasalnya, semua tim pabrik sudah mempersiapkan diri dari sekarang, termasuk Ducati, yang mengalami masa terburuk pada musim 2011 ini pasca ditinggal Stoner.

Jalannya Balapan di Philip Island

Stoner sebagai pemegang pole position tidak melepaskan pucuk pimpinan balapan. Pembalap kelahiran Australia itu langsung melesat meninggalkan lawan-lawannya. Para lawan kemudian hanya bisa memperebutkan posisi di belakang Stoner.

Marco Simoncelli, Andrea Dovizioso, dan Dani Pedrosa berusaha duduk di peringkat dua. Namun, Simoncelli yang memulai start di peringkat tiga, bisa terus bertahan di peringkat dua dan ditempel ketat Dovizioso serta Pedrosa.

Tapi malang buat pembalap Ducati Valentino Rossi yang memulai strat di posisi 13. Dia gagal melanjutkan lomba setelah terjatuh saat mencoba menyalip Loris Capirossi di lap 13.

Rossi mencoba melanjutkan lomba dengan motornya. Namun, usaha itu hanya bertahan dua lap sebelum akhirnya dia harus pasrah gagal finish.

Di sisa tujuh lap lagi, Stoner dan Simoncelli terus melesat di posisi satu dan dua. Meninggalkan Dovizioso dan Pedrosa bersaing sengit memperebutkan peringkat tiga.

Di sisa empat lap lagi, hujan turun mengguyur Sirkuit Phillip Island. Namun, ketika para pembalap lain langsung mengganti motornya dengan ban yang sesuai dengan kondisi tersebut, Stoner bertahan dengan tunggangannya.

Keputusan ini terbukti tepat karena hujan ternyata hanya berlangsung sesaat. Stoner tetap melanjutkan lomba dan memimpin jalannya balapan.

Sampai akhirnya ia menjadi pembalap pertama yang menyentuh finis dan 25 poin cukup menghantarkannya jadi juara dunia dengan 325 poin di klasemen pembalap. dan tak bisa terkejar lagi oleh Jorge Lorenzo (260 poin) di dua seri tersisa, Sepang dan Valencia. Dengan memenangi balapan ini Casey Stoner pun mengukuhkan dirinya sebagai Raja Sirkuit Philip Island dan membuktikan dirinya sebagai yang Tercepat di Muka Bumi, Juara Dunia Motogp 2011.

Penampilan gemilang Casey Stoner musim ini dengan potensi yang dimilikinya, Stoner diyakini akan mampu menyamai rekor juara dunia Valentino Rossi.

Sebuah raihan fantastis berhasil dicapai oleh pembalap Honda itu. Dari 16 balapan yang sudah dipentaskan, Stoner sukses menempati podium sebanyak 15 kali dan memenangi lomba sembilan di antaranya.

MotoGP Jerez menjadi satu-satunya seri dimana Stoner gagal meraih podium. Tapi hal itu bukan karena tercecer dari pembalap lainnya, melainkan karena kerusakan mesin yang memaksa Stoner harus mengakhiri lomba di lap ke-7.

Sampai saat ini Stoner masih memimpin klasemen sementara dengan 325 poin dengan kejuaraan menyisakan 2 seri saja. Pembalap Australia itu pun sudah mencapai titel juara dunia untuk kali kedua.

Melihat penampilan Stoner yang fantastis, kita yakin kalau Stoner bisa mencapai sesuatu yang lebih. Jika selalu tampil konsisten, bukan mustahil Stoner akan dapat menyamai rekor juara Doohan (lima kali juara) dan Rossi (tujuh kali juara).

Warga Philip Island Sambut Kemanangan Stoner Juara Dunia 2011

Kemenangan brilian Casey Stoner merengkuh titel Juara Dunia Motogp 2011 disambut penonton di tribun dan tempat lainnya di Philip Island, langsung berdiri dan mengibarkan bendera Australia beberapa saat sebelum Stoner mencapai finis. Mereka menyambut putra Australia itu meraih gelar kedua juara dunianya.

Kemenangan Stoner disambut sukacita tim Repsol Honda. Namun yang lebih terlihat gembira tentu adalah sang istri, Adriana Stoner, dan kedua orangtuanya yang terlihat berada di ruang oficial kru. Setelah disalami kru, Stoner langsung menghampiri Andriana di samping podium. Sang istri pun menyambut dengan sebuah pelukan. Dan ia telah menyiapkan kaos bertuliskan World Champions MotoGP 2011 yang kemudian dikenakan sang juara dunia, Casey Stoner.

Read More......

Friday, October 14, 2011

Penjelasan dan Arti Pendidikan Tinggi Jarak Jauh - PTJJ

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) adalah pembelajaran dengan menggunakan suatu media yang memungkinkan terjadi interaksi antara pengajar dan pembelajar. Dalam PJJ antara pengajar dan pembelajar tidak bertatap muka secara langsung, dengan kata lain melalui PJJ dimungkinkan antara pengajar dan pembelajar berbeda tempat bahkan bisa dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh. Dalam istilah Bahasa Inggris dikenal dengan distance education atau distance learning tiada lain bidang pendidikan yang berfokus pada metode pengajaran dan teknologi dengan tujuan memberikan pengajaran, sering secara individual, untuk siswa yang tidak secara fisik hadir dalam pengaturan pendidikan tradisional seperti ruang kelas. Sedangkan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh atau PTJJ adalah Pendidikan Jarak Jauh yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. IStilah akademik yang digunakan pun sama dengan penyelenggaraan kelas yang reguler, misalnya untuk peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi tetap mendapat sebutan dosen, yang berbeda adalah kelasnya.


Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian cepat menuntut kita untuk terus meningkatkan potensi sumber daya manusia (SDM) yang menunjang produktivitas. Namun, keterbatasan tempat dan waktu menjadi kendala utama bagi banyak orang dalam mengembangkan diri dan meningkatkan k Sejak diresmikan pada tahun 1984, UT mendapatkan mandat dari pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sangat luas kepada semua warga negara Indonesia, baik yang baru lulus SLTA maupun yang sudah bekerja untuk mengikuti pendidikan tinggi tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, umur, dan tempat tinggal mereka. Sistem pembelajaran UT memungkinkan belajar yang fleksibel kepada mereka yang tidak memperoleh kesempatan mengikuti sistem pendidikan tinggi tatap muka.

Legalitas Kelas Jauh Perguruan Tinggi

Dasar hukum Pendidikan Tinggi Jarak Jauh diantaranya Pasal 89 Paragraf 5 ayat 1 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan yang berbunyi, pengelolaan pembelajaran pada perguruan tinggi dapat diselenggarakan melalui program studi diluar domisili perguruan tinggi.

Dengan adanya aturan tersebut menghilangkan dikotomi kelas jauh dan kampus.
Disamping itu erguruan tinggi juga dapat melakukan kerja sama akademik maupun non akademik antar perguruan tinggi, dengan dunia usaha atau dengan pihak lain baik dalam maupun luar negeri yang bertujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, produktifitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Hal ini sesuai dengan amanah dari pasal 90 aturan pemerintah tersebut.

Lantas bagaimana tentang akreditasi? Mengutip surat edaran Dirjen Dikti, Fasli Jalal Nomor : 2428/D/T/2008 Perihal Civil Effect (kekuatan hukum, red) ijazah lulusan perguruan tinggi, dalam surat edaran yang disampaikan Dirjen Dikti kepada para pimpinan PTN, PTS, dan Koordinator Kopertis I-XII menjelaskan bahwa berkenaan dengan berbagai pertanyaan tentang ijazah perguruan tinggi perlu diketahui, ijin penyelenggaraan suatu program studi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merupakan akreditasi oleh pemerintah yang wajib dimiliki oleh setiap program studi, sedangkan penilaian oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) adalah akreditasi dari lembaga independen yang dipergunakan untuk menentukan peringkat tertentu.

Merujuk surat Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor : K26-30/V97-8/57 juga menjelaskan, ijazah lulusan perguruan tinggi negeri/swasta dinyatakan sah dan mempunyai civil effect bagi pembinaan karir pegawai negeri sipil, sepanjang mempunyai ijin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan proses pembelajaraannya sesuai ketentuan yang berlaku.

Read More......

Mendiknas Buka Konferensi Dunia Pendidikan Terbuka

Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh membuka konferensi dunia pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) ke-24 di Nusa Dua, Badung, Bali. "Pendidikan jarak jauh dan terbuka adalah jawaban terhadap hambatan yang dimiliki banyak negara di dunia untuk memeratakan kesempatan memperoleh pendidikan, utamanya pendidikan tinggi," kata Mendiknas ketika membuka konferensi, Ahad (2/10).

Universitas Terbuka (UT) didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan konferensi ini sebagai salah satu agenda dari "International Council for Open and Distance Education" (ICDE) yang ditujukan sebagai forum berbagi pengalaman, gagasan dan strategi penting dalam pengembangan pendidikan terbuka dan jarak jauh.

Ia mengatakan, angka partisipasi kasar perguruan tinggi di Indonesia sekitar 26 persen. Untuk itu Indonesia masih memerlukan banyak sumber daya dan kreativitas yang dapat membuat angka tersebut meningkat secara signifikan.

"Pendidikan dengan sistem terbuka dan jarak jauh merupakan salah satu kreativitas yang harus dieksplorasi dan dieksploitasi semaksimal mungkin kemampuannya sehingga dapat menarik sebanyak mungkin manfaat bagi pembangunan pendidikan," ucapnya.

Dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan dalam sistem pendidikan terbuka itu, kata dia, setidaknya dapat menghilangkan hambatan geografis dan sangat mungkin mengurangi hambatan ekonomis yang dihadapi masyarakat.

"Terlebih jika sistem dan materi pembelajaran eletronik dirancang bagus, ke depan akan dapat membalik cara belajar. Biasanya dari pengajaran di kelas diikuti dengan pendalaman di rumah, menjadi belajar di rumah diikuti dengan pendalaman di kelas," katanya.

Tahun ini, lanjut dia, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp1,5 triliun untuk pembiayaan Universitas Terbuka di Indonesia. Menelan biaya cukup besar karena digunakan untuk penyambungan konektivitas jaringan mengingat sistem pendidikan di UT berbasis internet.

"Melalui konferensi ini diharapkan dapat membangun jejaring pendidikan terbuka tidak hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia sehingga dapat memberi kemaslahatan yang lebih dan mengoptimalkan proses belajar mengajar yang menggunakan pendekatan terbuka ini," ucapnya.

Konferensi dihadiri oleh 700 peserta yang berasal dari 50 negara. Hadir pula sebagai pembicara kunci dalam konferensi, berbagai tokoh pendidikan dari Amerika Serikat, Korea, Kanada, Inggris dan Universitas Harvard.

Konferensi berlangsung mulai tanggal 2-5 Oktober 2011. Serangkaian konferensi juga diselenggarakan pameran yang bertemakan budaya Tanah Air dan paket-paket informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan sistem PTJJ.

Di akhir kegiatan, direncanakan para peserta konferensi akan diajak mengunjungi beberapa daerah wisata di Pulau Dewata.

Read More......

Prioritas Pendidikan Jarak Jauh

Tenaga kerja Indonesia akan mendapatkan prioritas pendidikan jarak jauh untuk meningkatkan kemampuan intelektual mereka. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerja sama dengan Universitas Terbuka melayani TKI yang ingin berkuliah dari negara penempatan.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dengan Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ir Tian Belawati MEd Phd di Gedung Kemennakertrans, Jakarta, Senin (8/2). Kedua pihak tengah menyiapkan nota kesepahaman (MOU) kerja sama pelayanan pendidikan TKI.

Sedikitnya 6 juta TKI bekerja di luar negeri. Hampir 80 persen di antaranya lulusan SMP.

”Bagi TKI yang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi bisa mengikuti kuliah jarak jauh setelah kerja sama Kementerian dan UT ditandatangani. Dengan mengenyam pendidikan tinggi, kita berharap TKI bisa lebih mandiri dan mengerti akan hak-hak mereka jika dilanggar,” kata Muhaimin.

Tian menambahkan, TKI adalah aset dan duta bangsa yang harus dilindungi dan diberikan bekal yang cukup, terutama pengetahuan. Dalam waktu dekat, UT akan meresmikan salah satu kelas TKI di Hongkong.

Namun, Ketua Indonesian Migrant Workers Union (IMWU) Sringatin di Hongkong meminta pemerintah lebih memprioritaskan ratifikasi konvensi perlindungan buruh migran. Saat ini TKI lebih membutuhkan perlindungan karena mayoritas lulusan sekolah dasar dan SMP.

”Apalagi banyak lembaga pendidikan di Hongkong yang menipu TKI sekarang,” kata Sringatin.

Read More......

Pendidikan Jarak Jauh Bisa Jadi Solusi

Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh bisa menjadi jawaban untuk membuka hambatan banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk memeratakan akses pendidikan, terutama pendidikan tinggi.

Sistem itu unggul dalam memperluas akses pendidikan dan memberi pilihan pembelajaran sesuai keinginan dan kebutuhan peserta didik. ”Universitas Terbuka (UT) bukan alternatif terakhir, tetapi jadi pilihan masyarakat sesuai kondisi dan kebutuhan peserta. UT terjangkau dan bisa menjangkau peserta di mana pun dan dalam kondisi apa pun,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, seusai membuka Konferensi Dunia Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) ke-24 International Council for Open and Distance Education (ICDE) di Nusa Dua, Bali, Minggu (2/10). Kegiatan berakhir 5 Oktober 2011.

Oleh karena kondisi masyarakat Indonesia yang beragam, pemerintah akan menambah pilihan alternatif pembelajaran jarak jauh sebanyak mungkin. Untuk mengoptimalkannya, diperlukan metode pembelajaran online kolaboratif.

Peserta didik tidak hanya mengakses materi ajar di portal tertentu, tetapi juga saling berbagi informasi dan pengalaman sehingga terjadi interaksi antarpeserta didik. Apabila itu terjadi, Nuh berharap pendidikan jarak jauh tumbuh cepat dan pengetahuan mengalir ke semua lapisan masyarakat.

Soal infrastruktur

Saat ini, UT belum menjangkau daerah-daerah terpencil karena keterbatasan infrastruktur informasi dan teknologi. Rektor UT Tian Belawati mengakui, mahasiswa yang memanfaatkan pembelajaran online umumnya tinggal di kota. Dari sekitar 600.000 mahasiswa UT, hanya 30.000 hingga 40.000 mahasiswa yang menggunakan pembelajaran online. ”Mahasiswanya memang terkonsentrasi di kota besar,” ujarnya.

Alokasi anggaran untuk UT relatif minim. Sebagian besar dana untuk membiayai konektivitas pembelajaran online yang berbasis informasi dan teknologi. Setiap tahun, pemerintah mengalokasikan Rp 1,5 triliun untuk operasional UT.

Meskipun anggaran pemerintah terbatas, bagi Tian, yang penting pemerintah menyadari potensi pendidikan terbuka dan jarak jauh yang bisa membuka akses pendidikan lebih luas.

Read More......

Apakah Anda Ragu Dengan Pendidikan Jarak Jauh?

Pendidikan jarak jauh bagi para guru sama kualitasnya dengan pendidikan tatap muka. Guru tak perlu takut dibedakan dan menganggap pendidikan jarak jauh adalah pendidikan kelas dua.

Ketua Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidkan (STKIP) Kebangkitan Bangsa atau Sampoerna School of Education (SSE), Paulina Pannen, Kamis (12/8/2010), di Jakarta, mengungkapkan, bahwa pemerintah membuka pendidikan jarak jauh yang hanya bisa dijalankan LPTK yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk mempercepat kualifikasi pendidikan guru. Selama ini, pendidikan jarak jauh lebih difokuskan untuk guru-guru di daerah terpencil.

“Menurut saya sangat efektif, terbukti banyak guru-guru di daerah yang memenangkan penghargaan sebagai guru teladan," ujar Paulina.

Selama 4 tahun pemerintah sudah merintis pendidikan guru SD dalam guru jabatan untuk pendidikan jarak jauh. Guru tidak perlu takut dibedakan dan menganggap pendidikan jarak jauh adalah pendidikan kelas dua.

"Yang terpenting dari pendidikan jarak jauh adalah bagaimana memelihara kualitas pembelajarannya. Caranya dengan mengikuti aturan akademik dan memperoleh persetujuan dari LPTK yang membina di wilayah masing-masing," kata Paulina.

Diberitakan sebelumnya di Kompas.com, Kamis (12/8/2010), sekitar 1,5 juta guru taman kanak-kana (TK) hingga SMA harus memiliki kualifikasi pendidikan diploma empat (D-4) atau sarjana pada 2015 nanti. Namun nyatanya, guru yang memenuhi syarat kualifikasi pendidikan D-4/S-1 itu, seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, baru berkisar 1,1 juta atau 41 persen.

Para guru dalam jabatan itu dapat meraih gelar D-4/S-1 dengan cara mengikuti pendidikan reguler di lembaga pendidik tenaga kependidikan (LPTK) di negeri atau swasta yang jumlahnya sekitar 268 institusi. Selain itu, pemerintah membuka pendidikan jarak jauh yang hanya bisa dijalankan LPTK yang ditetapkan pemerintah.

Kebijakan lain yang dikembangkan adalah pengakuan pengalaman kerja dan hasil belajar guru. Pengalaman kerja dan pelatihan guru nantinya bisa dipakai untuk mengurangi beban satuan kredit semester (SKS) guru yang kuliah di jenjang D-4/S-1. Untuk menjaga mutu pengakuan pada pengalaman kerja dan pendidikan, hanya bisa dilakukan oleh 81 LPTK yang ditetapkan Menteri Pendidikan Nasional.

Read More......

Dibuka Kelas Jauh Perguruan Tinggi di Kawali Ciamis

Sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh bisa menjadi solusi untuk membuka hambatan banyak negara di dunia, termasuk Indonesia, untuk memeratakan akses pendidikan, terutama pendidikan tinggi.

Sistem itu unggul dalam memperluas akses pendidikan dan memberi pilihan pembelajaran sesuai keinginan dan kebutuhan peserta didik. Universitas Terbuka (UT) bukan alternatif terakhir, tetapi jadi pilihan masyarakat sesuai kondisi dan kebutuhan peserta.

Pendidikan jarak jauh bagi para guru sama kualitasnya dengan pendidikan tatap muka. Guru tak perlu takut dibedakan dan menganggap pendidikan jarak jauh adalah pendidikan kelas dua.

Yang terpenting dari pendidikan jarak jauh adalah bagaimana memelihara kualitas pembelajarannya. Caranya dengan mengikuti aturan akademik dan memperoleh persetujuan dari LPTK yang membina di wilayah masing-masing.

Dengan dasar pemikiran semacam itu, kami bersemangat untuk membuka kelas jauh dari perguruan tinggi yang berkualitas dengan akreditasi A atau B untuk jurusan-jurusan yang ditawarkan. Adalah Ibu Dra. Ena FD, yang berusaha untuk mengelola kelas jauh dari 3 (tiga) perguruan tinggi cukup ternama dari Jakarta di bawah Yayasan Aksara Buana yang berlokasi di Ciangsana Bogor Jawa Barat. Berikut adalah informasi atau undangan untuk mengikuti sosialisasi Perguruan tinggi itu dalam waktu dekat ini di wilayah Kawali Ciamis Jawa Barat.



Informasi Program Perguruan Tinggi yang Membuka Kelas di Kawali Ciamis


Pengelola : Yayasan Aksara Buana

Alamat : Jalan raya Ciangsana Gunung Putri Bogor


Program yang dibuka di Kawali Ciamis dan sekitarnya

Program studi S1 Manajemen (Akreditasi B),
Program Studi S1 Administrasi Negara (Akreditasi B),
Program studi S2 Administrasi Publik (Akreditasi B),
Program studi S2 Administrasi Pendidikan (Akreditasi B),
Program STKIP akan disesuaikan dengan permintaan calon mahasiswa (fleksibel).

"Pendidikan jarak jauh dan terbuka adalah jawaban terhadap hambatan yang dimiliki banyak negara di dunia untuk memeratakan kesempatan memperoleh pendidikan, utamanya pendidikan tinggi," kata Mendiknas ketika membuka konferensi dunia pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) ke-24 di Nusa Dua, Badung, Bali, Ahad (2/10).

Untuk Informasi Pendaftaran Silakan Hubungi :

1. Ibu Dra. Ena FD,(Telp. 0265791642 / Hp. 087824666968 / 082128552413)
2. Bapak Drs. Asep Dewan, S.H. (Hp. 085221145678)

Read More......

Monday, October 3, 2011

Pengumuman Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C

Walaupun semula Pengumuman Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C tanpa ada kejelasan, alhamdulillah pada akhirnya jadi juga Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C diumumkan. Disinyalir bahwa keterlambatan pengumuman ini dikarenakan adanya perubahan sistem. Jika tahun lalu persyaratan mengikuti ujian hanya menggunakan data diri siswa, maka tahun ini harus ada nilai lima semester terakhir.
Saat ini masih dalam transisi menuju sistem baru. Terlebih lagi, saat ini UNPP di tingkat provinsi di kelola oleh Pendidikan Formal dan bukan lagi di tangan Pendidikan Non Formal.

Teknis pengumuman di tingkat kota dilakukan secara manual dengan cara ditempel di kantor-kantor Dikpora dan UPTD di kecamatan. Bagi siswa yang dinyatakan lulus akan memperoleh Surat Keterangan Lulus (SKL), yang akan diserahkan ke sekolah yang ditempati saat ini.

Sementara itu bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus diharapkan segera mendaftar pada UNPP A dan B tahap II.


Sekitar 6.277 dari 8.701 peserta ujian nasional program paket A, B, C dan paket C kejuruan periode pertama tahun 2011 di Sumatera Utara dinyatakan lulus.

"Ujian Nasional (UN) program paket ini sendiri telah dilaksanakan 5-15 Juli 2011 dan semuanya berjalan dengan lancar," kata Kabid Pendidikan Non Formal Indonesia (PNFI) dan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dinas Pendidikan Sumatera Utara Bambang Siswanto di Medan, Kamis (29/9/2011).

Secara rinci ia menyebutkan, hasil UN program paket C pendidikan formal untuk program IPA diikuti sebanyak 89 orang, dimana peserta yang lulus 69 orang (77,63 persen). Program IPS dari 4.111 orang peserta yang lulus 3.248 orang (83,39 persen).

Paket C kejuruan dari lima orang peserta yang lulus hanya dua orang (40 persen), sedangkan paket B/wustha dari 3.815 orang peserta yang lulus berjumlah 2.542 orang (66,63 persen) dan paket A dari 681 orang peserta yang lulus mencapai 416 orang peserta.

Pelaksanaan UN periode pertama untuk paket C dilaksanakan 5-8 Juli 2011 di 17 kabupaten/kota dan paket C kejuruan dilakukan di Kota Binjai. Sementara untuk paket A dilaksanakan di 11 kabupaten/kota dan paket B dilaksanakan di 23 kabupaten/kota yang berlangsung 12-15 Juli 2011.

Ia mengatakan, bagi peserta UN program paket A, B dan C maupun paket C kejuruan periode pertama tahun 2011 yang tidak lulus dapat kembali mengikuti UN periode kedua tahun 2011.

Ujian periode kedua untuk paket C dan paket C kejuruan dilaksanakan pada 11-14 Oktober 2011 dan program paket A dan B dilaksanakan pada 18-20 Oktober 2011.

Menurut dia, calon peserta yang akan mengikuti UN paket A, paket B, paket C maupun paket C kejuruan dapat mendaftarkan diri di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Dinas Pendidikan kabupaten/kota masing-masing.

"Seluruh UN baik paket A, paket B, paket C maupun paket C kejuruan tidak akan dipungut biaya ujian dan cukup membawa surat keterangan dari kepala sekolah yang bersangkutan bagi yang gagal UN pendidikan formal dan bukti diri pengikuti ujian pendidikan paket di PKBM bersangkutan," katanya.

Kepada seluruh peserta yang akan mengikuti UN paket A, paket B, paket C dan paket C kejuruan diminta untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta paket di kabupaten/kota masing-masing sebelum batas waktu pendaftaran berakhir.

Read More......

Kota Mekah Diguyur Hujan Es

Hujan es telah mengguyur Kota Mekah pada Sabtu, (1/10/2011) atau sesaat sebelum magrib waktu Makkah, Arab Saudi. Hal ini dikatakan oleh Korwil PDIP Saudi di Jeddah, Syarif, kepada Tribunnews.com, Senin (3/10/2011).

"Hujan bercampur es tersebut tidak mengguyur seluruh Mekah. Akan tetapi, hanya di daerah Jabal Nur dan sekitarnya yang memang daerah pegunungan," ujarnya.

Kejadian tersebut berlangsung cukup lama, sekitar 30 menit. Syarif menjelaskan, hujan es yang terjadi sebenarnya bukanlah kejadian yang istimewa. Kejadian ini pernah terjadi sebelumnya, dua tahun berturut-turut.

"Tidak ada dampak yang serius bagi masyarakat. Mengingat, itu sudah pola alam. Lagipula masyarakat Arab sudah terbiasa dengan perbedaan temperatur ekstrim, terutama di malam hari. Suhu malam bisa mencapai 10 derajat celcius, di saat siang di atas 40 derajat celcius," Syarif menjelaskan.

Read More......

Saturday, October 1, 2011

Snmptn 2012

Sama halnya dengan Ujian Nasional, Snmptn pun sering jadi bahan polemik/kritik. Snmptn atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan pentas akbar untuk menyeleksi calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN)yang mempunyai kemampuan akademik. Pelaksanaan Snmptn atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2011 termasuk sukses. Dari 540.953 jumlah peserta SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan, peserta yang lolos seleksi sebanyak 118.233 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari kelompok IPA sebanyak 56.856 orang dan kelompok ujian IPS sebanyak 61.377 orang.

Untuk itu, terdapat sedikitnya 808 bangku kosong dalam SNMPTN 2011 jalur ujian tertulis. Ketua Panitia SNMPTN 2011 Herry Suhardiyanto menjelaskan, adanya 808 kursi kosong tersebut karena peserta tidak mampu mencapai batas nilai terendah yang ditetapkan di setiap program studi di setiap PTN. Disamping itu , jumlah peserta seleksi jalur undangan yang dinyatakan lolos dan diterima di PTN seluruh Indonesia sebanyak 46.706 peserta atau 20 persen dari semua pendaftar atau peserta seleksi yang mencapai 232.948 orang.

Nah bagaimana dengan pelaksanaan Snmptn 2012? Apakah akan ada perubahan kebijakan?



Sebagaimana kita ketahui bahwa Snmptn 2011 menggunakan dua jenis jalur : SNMPTN jalur ujian tertulis/keterampilan dan seleksi jalur undangan. Sampai artikel ini dimuat belum ada indikasi dari Pemerintah bahwa akan ada perubahan kebijakan.

Beberapa hal yang dimungkinkan berubah adalah dalam hal kebijakan internal universitas negeri yang menjadi peserta Snmptn diantaranya tentang perubahan daya tampung PTN. Pada Snmptn tahun 2011 dengan calon peserta SNMPTN mencapai 233.000, pemerintah menyediakan sedikitnya 108.535 kursi untuk peserta jalur undangan dan jalur ujian tertulis. Jumlah itu naik dibandingkan dengan tahun lalu yang menyediakan 105.000 kursi untuk seluruh peserta SNMPTN. Kenaikan tersebut disebabkan adanya penambahan pada fakultas dan perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Saat ini peserta yang lolos SNMPTN dapat memilih fakutas yang diminati dari 60 PTN di seluruh Indonesia. Peserta jalur ujian tertulis akan dikelompokkan menjadi tiga kelompok, IPA, IPS, dan IPC (campuran IPA dan IPS). Dengan biaya ujian tertulis sebesar Rp150.000 untuk kelompok IPA dan IPS serta Rp 175.000 untuk kelompok IPC, setiap peserta dapat mengikuti kelompok ujian tanpa harus sesuai dengan jurusan di sekolah terdahulu.

Untuk tahun 2012 kemungkinan besar daya tampung jalur ujian tertulis/keterampilan dan seleksi jalur undangan akan bertambah. Seperti yang dinyatakan resmi oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) bahwa untuk tahun Snmptn 2012 rencananya UNS akan membuka penerimaan mahasiswa program studi baru. Prodi tersebut adalah Prodi Farmasi (FMIPA), Prodi Hubungan Internasional (FISIP), dan Prodi Pendidikan Sistem Informasi (FKIP). Universitas NEgeri Yogyakarta (UNY) juga juga membuka Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang diresmikan oleh Rektor UNY, Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA, di halaman FE kampus Karangmalang, Yogyakarta, maka jumlah fakultas di UNY saat ini bertambah menjadi 7 fakultas.

Rektor UNY mengatakan, FE memiliki dua tugas utama, yaitu pertama bahwa FE bertanggungjawab mengawal pendidikan ekonomi yang secara historis dan merupakan bagian dari rumpun keilmuan sosial dalam konteks ilmu kependidikan. Ke depan diharapkan terus ada koordinasi dengan ilmu-ilmu sosial untuk memajukan Ilmu Pengetahuan Sosial baik dalam jenjang pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar, maupun menengah.

Evaluasi Hasil Snmptn 2012

Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengungkapkan fakta menarik seputar hasil ujian tertulis SNMPTN 2011. Sebanyak 154.954 peserta SNMPTN atau 28 persen dari total peserta tidak lolos seleksi meski memperoleh nilai di atas rata-rata nasional. Ketua Panitia SNMPTN 2011, Herry Suhardiyanto mengatakan, hal itu terjadi karena para peserta cenderung hanya memilih satu program studi yang dinilai favorit dengan tingkat persaingan yang sangat tinggi.

Read More......

UN 2012

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2011 secara umum bisa dikatakan berhasil dengan baik (sukses). Salah satu bukti keberhasilan UN 2011 adalah persentase kelulusan pada satuan pendidikan SMA/MA/SMK tahun ini mengalami kenaikan lebih dari sembilan persen. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), 1.461.941 peserta ujian nasional (UN) SMA/sederajat tahun ajaran 2010/2011, 1.450.498 atau sama dengan 99.22 persen siswa lulus, sementara 11.443 atau sama dengan 0.78 persen siswa lainnya tidak lulus.

Tahun lalu, dari 1.522.195 peserta UN, sebanyak 1.368.938 atau sama dengan 89.93 persen siswa lulus, dan 153.257 atau sama dengan 10.07 persen lainnya tidak lulus. Berikut kami berikan ringkasan 10 daerah dengan rata-rata nilai akhir, nilai UN dan nilai sekolah terbaik.

Data Kemdiknas memaparkan, 10 daerah dengan persentase nilai akhir terbaik tahun ini adalah Bali (8.40), Sumatera Utara (8.17), Bengkulu (8.08), Jawa Barat (8.08), Jawa Timur (8.05), Sumatera Selatan (7.96), Sulawesi Utara (7.94), Lampung (7.91), Riau (7.90), Jawa Tengah (7.89), Sulawesi Selatan (7.84).

Sementara itu, 10 daerah dengan rata-rata nilai UN terbaik adalah Bali (8.31), Bengkulu (8.07), Sumatera Utara (8.05), Jawa Barat (8.03), Jawa Timur (7.86), Sumatera Selatan (7.80), Sulawesi Utara (7.66), Lampung (7.67), Riau (7.91), Jawa Tengah (7.70), Maluku (7.69). Sedangkan 10 daerah dengan rata-rata nilai sekolah terbaik adalah Bali (8.51), Bengkulu (8.35), DI Yogyakarta ( 8.35), Sulawesi Utara ( 8.340, Jawa Timur (8.32), Lampung (8.25), Sumatera Selatan (8.25), Sumatera Selatan (8.19), Jawa Tengah (8.16), Sumut (8.16), Jawa Barat (8.13).


Itulah gambaran umum Ujian Nasional 2011, nah bagaimana tentang rencana pelaksanaan Ujian Nasional 2012? Apakah ada perubahan-perubahan kebijakan seperti diperdebatkan banyak pihak atau bagaimana?

Meski menjadi polemik banyak pihak, ternyata kebijakan mengenai ujian nasional (UN) tahun 2012 tidak akan berubah. Kepala Balitbang Kemdiknas, Khairil Anwar menyatakan, kebijakan UN tidak akan berubah dan belum ada arahan dari Mendiknas untuk melakukan perubahan kebijakan UN.

"Kebijakan UN sebagai penentu kelulusan tidak akan berubah dengan porsi 60:40, namun secara teknis akan terus disempurnakan dan juga akan kita kaji mengenai tingkat kesulitan soal, distribusi dan pengamanannya," kata Khairil, di Jakarta, Jumat (23/9/2011).

Tetapi, guna menjamin kualitas UN agar mengalami peningkatan kualitas setiap tahunnya, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemdiknas) bekerjasama dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menggelar lokakarya nasional dengan tema "Manajemen Penyelenggaraan Ujian Nasional 2012: Peningkatan Kualitas, Akseptabilitas, dan Kredibilitas Ujian Nasional.

Lokakarya nasional ini digelar di Bogor selama tiga hari, 23-25 September 2011, dan dihadiri oleh seluruh pihak terkait, seperti seluruh Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia, perwakilan guru, komite sekolah, dewan pendidikan dan lain sebagainya.

Lokakarya ini merupakan forum diskusi perumusan untuk UN yang lebih baik. Karena UN ini sendiri mendapat dukungan beragam pihak.

Dalam lokakarya ini, secara khusus akan dibicarakan mengenai evaluasi UN sebelumnya, memperbaiki organisasi, manajemen, dan mekanisme penyelenggaraan UN tahun 2012.

Kami berharap pelaksanaan UN 2012 akan lebih baik lagi. Kami sepakat dengan pernyataan sementara pengamat pendidikan agar pelaksanaan UN 2012 tetap dijadikan alat pemetaan mutu dan evaluasi hasil belajar siswa. Apabila masih ikut menentukan kelulusan siswa, sebaiknya bobot UN diperkecil menjadi maksimal 20 persen. Sisanya ditentukan evaluasi belajar oleh dewan guru sekolah masing-masing, terutama yang terakreditasi.

Tentu saja penilaiannya secara komprehensif, multi-ranah, dan multi-cerdas. Ini agar kompetensi belajar siswa dan kelulusannya tidak hanya ditentukan dari nilai UN saja.

Jika bobot UN masih di atas 50 persen, kita mengkhawatirkan hasil UN 2012 bahkan tidak bisa digunakan sebagai peta mutu untuk menilai kualitas pendidikan nasional. Hal itu karena pelaksanaan UN dinilainya penuh kecurangan sistemik. Karena proses pembelajaran dengan model tersebut mengabaikan karakter siswa.

Read More......
 

Home | Social Media | Biografi Artis | Iptek | Universitas Negeri | Universitas Swasta

Enersi © Website Design by World Databases | Supported by : World Sharings