Welcome to Enersi.com

Saturday, July 23, 2011

Latihan Soal Snmptn 2012

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan salah satu jalur independen yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka menyaring siswa baru di lingkup Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tanpa melihat latar belakang sekolah, ekonomi, dan tingkat sosial.

Walapun gerbang pintu sukses menuju PTN pun semakin terbuka lebar dan banyak PTN menggelar ujian mandiri bagi siapa saja tetapi tetap saja Snmptn merupakan primadona bagi mayoritas siswa karena jalur ini tidak semahal jalur khusus walaupun dengan jumlah peminat yang sangat banyak. Nah untuk Anda calon peserta Snmptn 2012 untuk mengantisipasi persaingan yang teramat ketat kami sarankan berlatihlah dengan sebaik-baiknya Latihan Soal Snmptn 2012 yang kami terbitkan di situs Enersi ini. Kami yakin latihan Soal Snmptn tahun 2012 ini dapat dipergunakan sebagai bekal Anda dengan minimal 2 (dua) alasan, pertama latihan soal dibuat oleh tim kami yang berpengalaman, kedua jenis soal dan derajat kesulitan soal berusaha kami sesuaikan dengan kondisi riil Snmptn. Nah silakan siswa/siswi memanfaatkan SNMPTN sebaik mungkin dengan penuh optimisme, mengingat begitu besarnya jumlah peserta SNMPTN setiap tahunnya.


Download Latihan Soal Snmptn 2012


Berlaku untuk peserta Snmptn 2012 Program IPA, IPS, dan IPC

Berlaku untuk peserta Snmptn 2012 Program IPA, IPS, dan IPC

Berlaku untuk peserta Snmptn 2012 Program IPA dan IPC

Berlaku untuk peserta Snmptn 2012 Program IPS dan IPC

Dalam hal pengumuman hasil Snmptn 2011 yang disesalkan adalah masih menyisakan Aksi protes terhadap hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Cenderawasih (Uncen) yang dilakukan puluhan mahasiswa kembali berlanjut ke Kampus Uncen Abepura, Jumat (1/7). Sama seperti yang dilakukan di Kampus Uncen Waena, Kamis (30/6), puluhan mahasiswa tersebut juga melakukan pemalangan di pintu gerbang kampus.

Selain melakukan orasi, mereka juga melakukan pembakaran tumpukan kayu didepan pintu masuk tersebut. Akibat pemalangan ini, sempat juga menganggu akses mahasiswa yang akan masuk ke kampus.

Dalam orasinya, Koordinator Lapangan, Michael, meminta agar para pendaftar orang Papua yang tidak diterima melalui jalur SNMPTN, dapat diakomodir melalui penerimaan mahasiswa reguler lewat jalur lokal.


Sementara itu, Rektor Uncen, Prof.DR. Berth Kambuaya, MBA, menanggapi aspirasi para mahasiswa tersebut menyatakan akan segera berkoordinasi dengan Mendiknas terkait dengan penerimaan mahasiswa melalui jalur lokal untuk mengakomodir orang Papua.

Dengan daya tampung yang melebihi ketentuan itu kata Rektor, Uncen setiap tahun selalu mendapat teguran dari Inspektorat Kemendiknas karena selalu melanggar ketentuan. Untuk itu, mahasiswa harus memahami kondisi yang ada dan sangat tidak mungkin hasil SNMPTN ini ditinjua kembali karena ini sudah menjadi keputusan pusat.

Karena itu, Rektor minta para mahasiswa jangan melakukan pemalangan kampus. Sebab untuk mengakomodir para pendaftar yang tidak lulus akan diupayakan melalui jalur lokal yakni seleksi mandiri dan SLSB. "Yang jelas apa yang menjadi aspirasi para mahasiswa akan kita sampaikan ke Mendiknas supaya kedepan ada kebijakan lain untuk mengakomodir orang Papua apakah nantinya 60 persen seleksi mahasiswa melalui jalur lokal dan 40 persen melalui jalur SNMPTN," tandasnya.

Terkait dengan hasil SNMPTN ini, Rektor Kamabuaya, mengatakan bahwa pihaknya sudah sangat mengakomodir kepentingan orang Papua. Namun menurutnya pendaftar putra daerah yang memilih jurusan MIPA sangat sedikit dibandingkan non Papua. Sehingga, dicermati jurusan MIPA ini lebih banyak diisi oleh non Papua yang memang pendaftarnya sangat banyak.


Begitu halnya dengan penerimaan baru melalui jalur undangan imbuh Rektor, banyak jurusan-jurusan MIPA yang harusnya diisi oleh orang Papua, tapi kenyataanya banyak yang kosong, sehingga kouta ini diisi non Papua. Sesuai data yang ada lanjut Rektor, jumlah pendaftar mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN undangan 2011, putra daerah untuk jurusan MIPA yang mendaftar hanya 30 orang, sedangkan non papua 236.

Sementara itu, terkait aksi demo penolakan hasil SNMPTN, Wakil Ketua Komisi E DPRP, Ananias Pigai, SE, menyatakan akan mengundang Rektor Uncen dan Panitia SNMPTN Uncen untuk membahas masalah ini. Untuk pelaksanaan SNMPTN, Ananias Pigai berharap agar ada keberpihakan kepada orang asli Papua meskipun format SNMPTN tersebut merupakan program nasional.

Ok daripada protes atau demo, lebih baik kalian berlatih soal Snmptn dari situs ini dengan sebaik mungkin agar Anda bisa sukses Snmptn 2012.

Related Articles:

4 comments:

Saya sangat berterima kasih pada situs ini.
sangat membantu saya yang kurang percaya diri menghadapi SNMPTN thun depan.
Skali lagi terima kasih banyak :)

bismillah...makasih atas banyak infonya,
meski sekalipun aku tidak terlalu pinter, namun aku akan berusaha...untuk snmptn,

thx gan...udah mau share soal2..
sangat berguna sekalee >,<

terimakasihh bnyakk,.. infonya sngat mmbantu,.. semoga teman" yg mau mghdapi ujian snmptn sukses smua,.. amiin ya Allah,..

Post a Comment

 

Home | Social Media | Biografi Artis | Iptek | Universitas Negeri | Universitas Swasta

Enersi © Website Design by World Databases | Supported by : World Sharings