Welcome to Enersi.com

Tuesday, August 9, 2011

Soal-soal Snmptn Tahun 2008

Pada pelaksanaan Snmptn Tahun 2008 sebanyak 308.000 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) gagal seleksi. Sebab, 57 perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjaring mahasiswa baru melalui SNMPTN hanya menyediakan 82.000 kursi, sedangkan peserta SNMPTN mencapai 390.000 orang.

Hasil seleksi itu diumumkan Jumat (1/8) dini hari melalui media internet. Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menerima mahasiswa baru 732 orang dari 15.000 peminat UNJ. Baik mahasiswa baru S-1 reguler yang lolos melalui SNMPTN atau Ujian Masuk Bersama (UMB) tidak ada perbedaan dalam akademik di UNJ. Bahkan, biaya perkuliahan pun dipatok sama. Misalnya, setiap mahasiswa baru di UNJ setiap semester dikenai SPP Rp 400.000, serta biaya nonakademik yang dibayar hanya satu kali di awal masa kuliah Rp 1,5 juta.

Beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Depdiknas Fasli Jalal mengatakan, SNMPTN yang baru pertama kali diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sungguh mengejutkan karena animo masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti seleksi tersebut.

Padahal, sebelumnya juga sudah diselenggarakan seleksi mahasiswa baru oleh lima PTN oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Bahkan, peminat SNMPTN itu menyebar hingga ke pelosok provinsi di Indonesia. Universitas Indonesia menerima 20 persen atau 900-an mahasiswa baru dari seluruh mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.

SNMPTN yang digelar Ditjen Dikti itu juga menyebar formulir beasiswa. Dari 16.000 formulir beasiswa yang disediakan, hanya 5.000 orang yang mengembalikan formulir. Beasiswa yang disediakan pemerintah sebesar Rp 10 miliar dalam SNMPTN ini untuk membiayai kuliah selama dua semester. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa sebanyak 2.000 mahasiswa yang lolos SNMPTN, terutama mahasiswa tidak mampu tapi berpotensi.

Download Soal-soal Snmptn 2008


Banyak Peserta Snmptn 2008 Terkecoh Jadwal

Akibat kesalahpahaman informasi, belasan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri absen mengikuti ujian hari pertama SNMPTN. Mereka yang kecewa mempersoalkan ini ke Sekretariat Panitia Lokal Bandung SNMPTN 2008, Kamis (3/7).

Peserta yang mendatangi Sekretariat Panlok Bandung SNMPTN 2008 di Labtek V Institut Teknologi Bandung itu berjumlah 16 orang. Sebagian didampingi orangtuanya. Mereka datang beramai-ramai, kemarin siang, usai ujian tes kemampuan IPS. Mereka ini seluruhnya merupakan peserta dari jalur IPS yang tidak mengikuti ujian har i Rabu (2/7) karena salah mempersepsikan ralat jadwal.

Ilham Maulana (17), peserta yang datang jauh-jauh dari Gunung Halu, Kabupaten Bandung, kecewa dengan ralat jadwal ujian panitia yang dinilainya tidak lengkap. Sebab, di ralat itu hanya tertulis tes IPS hari Rabu. "Baru kemudian diberitahu jadwal dicocokan dengan buku panduan. Padahal, karena kopian, ralat yang saya peroleh di bawahnya tidak ada tulisan harus mencocokkan dengan buku panduan," keluhnya.

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment

 

Home | Social Media | Biografi Artis | Iptek | Universitas Negeri | Universitas Swasta

Enersi © Website Design by World Databases | Supported by : World Sharings