Welcome to Enersi.com

Tuesday, August 9, 2011

Soal-soal UMB PTN Tahun 2009

Pelaksanaan UMB PTN Tahun 2009 digelar Sabtu hingga Minggu (7/6), berbagai perguruan tinggi menggelar ujian masuk bersama perguruan tinggi negeri (UMB-PTN) 2009 di sejumlah tempat. Peserta UMB dari DKI Jakarta mencapai 26.000 peserta.

Para peserta UMB tersebut memperebutkan 8.906 kursi yang tersedia di tujuh PTN di berbagai wilayah. Ketujuh PTN tersebut antara lain Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Jambi, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Makassar.

Seleksi masuk PTN ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (PSPMBN). Peserta UMB-PTN di DKI tergolong besar dari keseluruhan peserta se-Indonesia yang berjumlah 74.000 orang. Peserta UMB-PTN DKI terbesar kedua setelah Medan (28.000 peserta).

Sekretaris PSPMBN Soesmalijah Soewondo di Jakarta menjelaskan, mahasiswa yang masuk lewat jalur UMB akan membayar biaya kuliah mahasiswa reguler seperti halnya lewat jalur seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN). Seleksi UMB ini ditujukan untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa berdasarkan prediksi bahwa peserta yang diterima di PTN bersangkutan diperkirakan dapat menyelesaikan studinya dengan baik dan tepat pada waktunya.

Tahun 2009, tujuh PTN yang menggelar UMB melalui PSPMBN menyiapkan 291 program studi. Hasil UMB diumumkan Senin (29/6) di masing-masing PTN atau bisa dilihat melalui www.spmb.or.id.

Download Soal-soal UMB PTN 2009


Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh, Universitas Jambi (Unja), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar menambah daftar peguruan tinggi negeri (PTN) yang bergabung dalam Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN) 2009. Dengan demikian, total PTN yang ikut dalam kegiatan seleksi mahasiswa baru ini adalah tujuh universitas.

UMB-PTN yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 melibatkan lima PTN, yaitu Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), UIN Jakarta, dan Universitas Hasanuddin. Tahun ini, Unhas absen.

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment

 

Home | Social Media | Biografi Artis | Iptek | Universitas Negeri | Universitas Swasta

Enersi © Website Design by World Databases | Supported by : World Sharings