Welcome to Enersi.com

Monday, October 3, 2011

Pengumuman Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C

Walaupun semula Pengumuman Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C tanpa ada kejelasan, alhamdulillah pada akhirnya jadi juga Hasil Ujian Nasional Paket A, B, dan C diumumkan. Disinyalir bahwa keterlambatan pengumuman ini dikarenakan adanya perubahan sistem. Jika tahun lalu persyaratan mengikuti ujian hanya menggunakan data diri siswa, maka tahun ini harus ada nilai lima semester terakhir.
Saat ini masih dalam transisi menuju sistem baru. Terlebih lagi, saat ini UNPP di tingkat provinsi di kelola oleh Pendidikan Formal dan bukan lagi di tangan Pendidikan Non Formal.

Teknis pengumuman di tingkat kota dilakukan secara manual dengan cara ditempel di kantor-kantor Dikpora dan UPTD di kecamatan. Bagi siswa yang dinyatakan lulus akan memperoleh Surat Keterangan Lulus (SKL), yang akan diserahkan ke sekolah yang ditempati saat ini.

Sementara itu bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus diharapkan segera mendaftar pada UNPP A dan B tahap II.


Sekitar 6.277 dari 8.701 peserta ujian nasional program paket A, B, C dan paket C kejuruan periode pertama tahun 2011 di Sumatera Utara dinyatakan lulus.

"Ujian Nasional (UN) program paket ini sendiri telah dilaksanakan 5-15 Juli 2011 dan semuanya berjalan dengan lancar," kata Kabid Pendidikan Non Formal Indonesia (PNFI) dan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dinas Pendidikan Sumatera Utara Bambang Siswanto di Medan, Kamis (29/9/2011).

Secara rinci ia menyebutkan, hasil UN program paket C pendidikan formal untuk program IPA diikuti sebanyak 89 orang, dimana peserta yang lulus 69 orang (77,63 persen). Program IPS dari 4.111 orang peserta yang lulus 3.248 orang (83,39 persen).

Paket C kejuruan dari lima orang peserta yang lulus hanya dua orang (40 persen), sedangkan paket B/wustha dari 3.815 orang peserta yang lulus berjumlah 2.542 orang (66,63 persen) dan paket A dari 681 orang peserta yang lulus mencapai 416 orang peserta.

Pelaksanaan UN periode pertama untuk paket C dilaksanakan 5-8 Juli 2011 di 17 kabupaten/kota dan paket C kejuruan dilakukan di Kota Binjai. Sementara untuk paket A dilaksanakan di 11 kabupaten/kota dan paket B dilaksanakan di 23 kabupaten/kota yang berlangsung 12-15 Juli 2011.

Ia mengatakan, bagi peserta UN program paket A, B dan C maupun paket C kejuruan periode pertama tahun 2011 yang tidak lulus dapat kembali mengikuti UN periode kedua tahun 2011.

Ujian periode kedua untuk paket C dan paket C kejuruan dilaksanakan pada 11-14 Oktober 2011 dan program paket A dan B dilaksanakan pada 18-20 Oktober 2011.

Menurut dia, calon peserta yang akan mengikuti UN paket A, paket B, paket C maupun paket C kejuruan dapat mendaftarkan diri di pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Dinas Pendidikan kabupaten/kota masing-masing.

"Seluruh UN baik paket A, paket B, paket C maupun paket C kejuruan tidak akan dipungut biaya ujian dan cukup membawa surat keterangan dari kepala sekolah yang bersangkutan bagi yang gagal UN pendidikan formal dan bukti diri pengikuti ujian pendidikan paket di PKBM bersangkutan," katanya.

Kepada seluruh peserta yang akan mengikuti UN paket A, paket B, paket C dan paket C kejuruan diminta untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta paket di kabupaten/kota masing-masing sebelum batas waktu pendaftaran berakhir.

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment

 

Home | Social Media | Biografi Artis | Iptek | Universitas Negeri | Universitas Swasta

Enersi © Website Design by World Databases | Supported by : World Sharings